oleh

Empat Warga Talaud Terkonfirmasi Positif Covid-19

TALAUD – Kabupaten Kepulauan Talaud ketambahan Empat Warga terkonfirmasi positif Covid-19, dari hasil pemeriksaan dengan metode PCR. Sehingga total kumulatif warga Talaud yang terinfeksi Covid-19 sudah berjumlah Lima orang.

Seperti diungkap kepala dinas kesehatan kabupaten kepulauan Talaud dr Kerry Dolfie Monangin selaku juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Talaud, bahwa informasi terupdate dari provinsi menyebut hasil pemeriksaan PCR ada Empat Warga Talaud terkonfirmasi positif.

“Dari hasil pemeriksaan laboratorium, kepulauan Talaud ketambahan pasien positif sebanyak Empat orang yakni pasien 02 laki-laki usia 57 tahun, pasien 03 bayi laki-laki usia 1 tahun, pasien 04 perempuan usia 54, pasien 05 perempuan usia 17 tahun, keempatnya adalah warga asal kecamatan Gemeh dan merupakan Satu keluarga, dengan riwayat perjalanan dari Kota Bitung,” ungkap Monangin dalam release tertulis, Minggu (24/5) sore.

Kata Monangin, keempat pasien tersebut saat ini tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Talaud di Mala dan kondisi mereka dalam keadaan stabil atau tidak bergejala. “Awalnya pasien 02 berstatus PDP karena ada gejala dan Tiga lainnya adalah OTG. Namun saat ini sudah kondisinya stabil,” jelasnya.

Sementara itu, untuk waga yang kontak erat dengan keempat pasien terkonfirmasi positif itu, sudah dilakukan tracking dan diperoleh data 13 orang. Setelah diperiksa secara rapid test, hasilnya semua non reactive.

Selanjutnya kata Monangin, pada Senin besok, tim gugus tugas akan melakukan pengambilan sampel secara swab ke-3 dan ke-4 pada Empat pasien yang sudah terkonfirmasi positif.

Gugus Tugas Talaud juga ikut merelease hasil PCR pasien 01 asal kecamatan Kabaruan, yakni dari swab ke-3 dan ke-4 hasilnya Negatif sehingga pasien 01 dinyatakan sembuh. “Untuk Empat orang yang kontak erat resiko tinggi dengan pasien 01, juga setelah dilakukan swab ke-1 dan ke-2 hasilnya negatif sehingga dinyatakan bebas covid 19,” ujarnya.

Terpisah, ketua gugus tugas Covid 19 Bupati Elly Engelbert Lasut mengimbau warganya untuk tetap tenang, tidak panik secara berlebihan serta tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, yakni pakai masker, jaga jarak, terapkan pola hidup bersih dan sehat. (tos)

News Feed