oleh

Petugas Pos Batas Minsel Tahan Pelaku Perjalanan Bersuhu Tubuh Tinggi

MINSEL – Personil Gugus Tugas Covid-19 di Pos Pengawasan lintas batas Desa Munte kabupaten Minahasa Selatan tahan beberapa pelaku perjalanan yang didapati bersuhu tubuh tinggi, Selasa (26/5).

Pantauan di pos lintas batas desa Munte kabupaten Minsel, tampak dua mobil jenis mini bus terpaksa dihentikan petugas karena pengendara suhu tubuhnya cukup tinggi, melebih batas toleransi.

Sesuai protap pencegahan penurunan Covid-19, maka petugas dari kepolisian dan kesehatan meminta dua warga yang didapati bersuhu tubuh tinggi untuk turun dari mobil dan beristirahat di depan pos sambil diberi minuman air mineral.

Setelah beberapa saat beristirahat dua pelaku perjalanan itu dites kembali suhu tubuhnya dan ternyata sudah normal, sehingga diizinkan melanjutkan perjalanan mereka.

Jamal Paputugan, satu diantara warga yang kedapatan suhu tubuhnya tinggi, mengaku kaget ketika diperiksa suhu tubuhnya tinggi. Pasalnya sebelumnya tidak merasa sakit atau kurang enak badan.

“Saya sempat tak percaya suhu tubuh tinggi karena sebelumnya tak ada riwayat sakit dan sampai saat ini saya merasa fit. Tapi karena prosedurnya seperti ini, kami harus ikuti,” tuturnya.

Sementara itu Selfie Ngantung petugas jaga pada pos pengawasan desa Munte kepada TVRI mengatakan, semua pelaku perjalanan yang kedapatan memiliki suhu tubuh tinggi pasti ditahan sementara.

“Pengalaman selama ini setelah diberi minuman air mineral dan beristirahat sebentar, suhu tubuh pelaku perjalanan biasanya kembali normal. Jika sudah normal maka sudah bisa diizinkan melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Ngantung pun mengimbau para pelaku perjalanan untuk benar benar memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat dan fit, sebelum melakukan perjalanan agar perjalanannya lancar.

“Dan pastikan juga memiliki dokumen notifikasi perjalanan dari Puskesmas atau Dinas Kesehatan daerah asal. Sebab jika tak mampu menunjukkan itu, maka tak diizinkan masuk wilayah Minsel,” tegasnya.

News Feed