oleh

Awal Juni Warga Talaud Sudah Bisa Beribadah di Gedung Gereja

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Setelah Dua bulan ditutup untuk umum, guna memutus mata rantai penularan Covid-19, gedung-gedung gereja milik Gereja Masehi Injili Talaud (Germita), mulai pekan depan akan dibuka untuk kegiatan peribadatan secara umum.

Keputusan pembukaan gedung gereja untuk kegiatan peribadatan diambil oleh pengurus Sinode Germita, menyusul hasil rapat koordinasi bersama tokoh agama se Talaud dengan pemerintah kabupaten, di Aula Balitbang, Kamis (28/5) lalu.

Berikut ini beberapa hal penting yang disepakati dalam rakor yang dihadiri Ketua umum Sinode Germita Pdt. DR Arnold Abbas, yang sudah disebar secara luas oleh pihak sinode :

1. Pelaksanaan ibadah di gedung gereja akan dimulai pada pekan pertama bulan Juni 2020, dengan catatan memperhatikan standar protol kesehatan yang ketat, antara lain wajib pakai masker, jarak tempat duduk minimal 1-2 meter, siapkan tempat cuci tangan dan sabun, dilakukan penyemprotan disinfektan pada tempat duduk dan ruangan sebelum ibadah serta pengukuran suhu tubuh.

2. Untuk memastikan atau mengawasi protap kesehatan tersebut benar-benar dijalankan, maka perlu diangkat Satgas dimasing-masing jemaat. Satgas tersebut tugasnya mengawasi penerapan protokol kesehatan pada setiap ibadah minggu di gedung ibadah. Personil satgas dapat dipilih dari warga jemaat yang berlatarbelakang tenaga kesehatan, anggota Polri dan TNI, atau mereka yang dianggap mampu melaksanakan tugas tersebut.

3. Penerapan protokol kesehatan ini sangat penting diperhatikan oleh setiap Pendeta atau BPHJ dan Pelsus, agar jemaat dapat beribadah dengan disiplin, aman dan terhindar dari penularan Covid-19.

4. Bagi jemaat yang jumlah anggotanya banyak, maka ibadah di gedung gereja dapat dilakukan secara bergantian atau bergiliran dalam beberapa sesi ibadah. misalnya ibadah subuh, ibadah siang, ibadah sore dan ibadah malam.

5. Sehubungan dengan menyambut era baru yang disebut New Normal, sekaligus persiapan pelaksanaan ibadah di gedung gereja, maka Badan Pekerja Harian Sinode (BPHS) mengundang seluruh Pendeta Wilayah, bersama perangkat di tingkat sinode lainnya (MPPS, BP3S, Pengurus Pelka Sinode) untuk hadir pada pertemuan Selasa 2 Juni 2020.

News Feed