oleh

Bens Leo Nilai Lagu Keke Bukan Boneka Menjurus Pelanggaran Hak Cipta

JAKARTA – Pengamat musik Bens Leo mengomentari lagu kontroversial Keke Bukan Boneka yang dinyanyikan Rahmawati Kekeyi, yang viral di media sosial juga canel youtube. Aksi Kekeyi itu kata Bens sudah masuk kategori pelanggaran hak cipta.

“Ini kita sebetulnya prihatin sekali terhadap beberapa hal yang berkaitan lagu mirip dan kebiasaan untuk mengcover lagu orang lain tanpa seizin penciptanya, dan kemiripan ini sebetulnya menjurus pada pelanggaran hak cipta,” ujar Bens seperti dikutip dari laman okezone.com.

Lagu Keke Bukan Boneka dinilai sangat mirip dengan Aku Bukan Boneka yang dipopulerkan Rinni Wulandari. Sehingga Kekeyi bisa saja dikenakan pelanggaran hak cipta karena membawakannya untuk kepentingan komersil.

“Rahmawati Kekeyi ini mengunggah sebuah lagu judulnya Keke Bukan Boneka yang itu ternyata mirip sekali dengan lagu Aku Bukan Boneka yang sudah dinyanyikan sama Rinni Wulandari pada 2017,” jelas dia.

Ditambah lagi, Kekeyi tidak mencantumkan pencipta lagu Keke Bukan Boneka dalam video klip yang viral di YouTube. Melainkan hanya terdapat identitas Kekeyi sebagai penulis lirik lagu tersebut.

“Saya cuma mempertanyakan saja. Soalnya baru saya baca katanya Kekeyi, bahwa lagu ini dia tulis lagunya itu ditulis sendiri. Tapi begitu saya lihat videonya kok enggak ada tulisan itu lagu ciptaan siapa ya, yang ada hanya lirik oleh Rahmawati Kekeyi. Jadi penciptanya enggak ada, yang ada cuma aransemen siapa gitu,” pungkas Bens Leo.

News Feed