oleh

Dikpora Minsel Rancang KBM Dengan Sistem Shift

LIPUTANMANADO.COM, MINSEL – Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dikpora) kabupaten Minahasa Selatan pada tahun ajaran 2020/2021 berencana membuka kegiatan belajar mengajar namun dengan format berbeda yakni dengan sistem shift.

Sistem Shift ini sebagai solusi alternatif atas kebutuhan siswa, termasuk orang tua akan proses pembelajaran yang memadai dari guru kepada siswa di tengah pandemi Covid-19 yang entah kapan akan berakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Minahasa Selatan DR Fietber Raco, S.Pd M.Pd kepada wartawan mengatakan kegiatan belajar tak bisa hanya secara virtual atau daring saja, karena nanti muncul problem perilaku dialami siswa.

“Model pembelajaran secara virtual atau daring ini sebetulnya sudah jadi tuntutan jaman, dimana teknologi komunikasi makin canggih. Namun kita juga tidak bisa menghilangkan proses tatap muka langsung, sebab ada problem perilaku yang bakal dialami siswa,” ungkapnya.

Oleh karena itu menurut Raco, kolaborasi pembelajaran tatap muka di ruang kelas dan secara virtual atau daring sudah jadi realitas di era kemajuan teknologi digital sekarang ini, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang memaksa orang menjaga jarak dan kontak fisik.

Ditegaskan pula oleh Raco bahwa meski Dinas pendidikan pemuda dan olahraga akan membuka sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, pihaknya tak akan memaksa siswa harus datang apabila orang tua tak izinkan karena alasan takut anaknya tertular Covid-19.

News Feed