oleh

Panen Perdana Padi, KaDistan Mitra Ditantang Operasikan Alsintan

LIPUTANMANADO.COM, BELANG – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Pertanian (Distan), Rabu (17/6/2020) lakukan panen padi perdana di Desa Watuliney, Kecamatan Belang.

Saat melakukan kegiatan panen tersebut, Kepala Distan Minahasa Tenggara, Dra Johana Untu MM mengaku ditantang untuk mengoperasikan alat mesin pertanian (Alsintan) pemotong padi.

“Saya langsung ditantang untuk operasikan alat tersebut. Awalnya dibimbing oleh orang profesional. Tapi lama kelamaan saya bawa sendiri. Memang ada tantangan yang beda ketika mengoperasikan alat tersebut,” ungkapnya.

Menurut Johana, alat combain yang dioperasikan untuk memotong padi tersebut berbentuk besar. Namun ada juga alsintan yang bisa dioperasikan di lahan kecil. 

Pada kesempatan itu, Johana kembali mengajak petani Mitra agar terus memanfaatkan lahan kosong untuk diolah sehingga produktif. Karena hal itu dapat membantu penguatan ketahanan pangan di Minahasa Tenggara. 

“Yang pasti perluasan lahan khusus tanaman padi sangat penting. Sebab sangat membantu dalam peningkatan ketahanan pangan khusus di daerah ini,” katanya.

News Feed