oleh

Pemisahan Gakkumdu Dari Bawaslu Ikut Mengemuka Dalam Webkusi Bawaslu Sulut

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Wacana mengenai pemisahan sentra penegakkan hukum terpatu (Gakkumdu) Pemilihan umum dari kelembagaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ikut mengemuka dalam webkusi focus group discussion (FGD) Bawaslu Sulut belum lama ini.

Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bawaslu dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulut beserta staf hukumnya, yang jadi peserta webkusi sepakat Gukkumdu nantinya dipisahkan dari Bawaslu. Hal ini selaras dengan RUU Pemilu yang tengah dibahas DPR RI.

Pada kesempatan itu, Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sulut, Mustarin Humagi ikut memberi masukan dan saran kepada peserta terkait tema yang diangkat pada FGD pembahasan RUU Pemilu edisi ke-8 itu, yakni Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu dan Eksistensi Gakkumdu.

Webkusi yang dimoderatori oleh kordinator divisi HP3S Bawaslu Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Hariyanto, ini berlangusung menarik dan diikuti pula Kordiv Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sulut, Supriyadi Pangellu.

News Feed