oleh

Dimonitoring DPRD, Desa Rasi Satu Tuntas Penyaluran BLT Tahap Dua

-Mitra-80 views

LIPUTANMANADO.COM, RATAHAN – Pemerintah Desa Rasi Satu, Kecamatan Ratahan, tuntas salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap dua kepada 60 Kepala Keluarga (KK) di desa tersebut. 

Menurut Hukum Tua Desa Rasi Satu, Alfian Kapahang SE, bahwa dana BLT tersebut bersumber dari 25 persen Dana Desa (DD). Ia memastikan penerima bantuan di desanya itu layak untuk dibantu.

“Bantuan ini sudah tahap dan ada ketambahan data penerima sekitar 39 orang. Sedangkan penerima bantuan tahap satu 21 orang. Jadi total keselurahan penerima bantuan 60 kepala keluarga,” terang Alfian. 

Kendati demikian, proses pencairan bahkan penyaluran, sambung Kapahang, diawasi DPRD Minahasa Tenggara. Baru-baru ini, ujar Kapahang, DPRD melakukan agenda kunjungan kerja dalam rangka pengawasan penyaluran dana desa, yang dipusatkan di desa Rasi Satu. 

“Secara garis besar, saya sudah sampaikan bahwa desa kami tuntas menyalurkan dana desa, baik tahap satu dan dua kepada masyarakat, sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Itu yang ditanyakan oleh DPRD,” ucap Kapahang. 

Tak hanya BLT yang tuntas. Pekerjaan fisik dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lewat dana desa juga sudah selesai.

“Fisik yang dikerjakan berupa pengerjaan rabat beton sudah selesai dikerjakan. Demikian pula dengan dengan pemberdayaan masyarakat lainnya, sudah rampung. Sekarang kami mengusulkan lagi untuk program pengembangan desa selanjutnya. Pembangunan Desa Rasi semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat juga,” tambah Kapahang. 

Disamping itu, ia kembali mengajak masyarakat Desa Rasi Satu, agar tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait pencegahan penyebaran covid-19. 

“Kami kembali ingatkan juga bagi  masyarakat Desa Rasi Satu untuk sering gunakan masker kalau keluar rumah, cuci tangan di air mengalir,  jaga jarak dan tetap dirumah,” tutup Kapahang. 

Ditempat yang sama, Kepala Seksie (Kasie) Pemerintahan Desa (PMD) Kecamatan Ratahan, Tonny Siwi apresiasi pelaporan administrasi Desa Rasi Satu, dalam penggunaan dan pemanfaatan keuangan.

“Baik dari segi administrasi maupun pembangunan fisik serta pelaporan yang diberikan sudah baik. Demikian pula halnya dengan penyaluran dana BLT sangat bagus dan tepat sasaran,” tambah Siwi. 

Hadir dalam kegiatan pemantauan penyaluran BLT, anggota DPRD Mitra serta Camat Ratahan Novry Raco. (old) 

News Feed