oleh

Pleno KPU Kota Manado Nyatakan Dukungan Calon Perseorangan TMS

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Setelah melewati proses penelitian berjenajang dari PPS, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menyatakan dukungan bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Manado, dr Franky Kambey dan dr Daud Kirojan tidak memenuhi syarat.

Penetapan tidak terpenuhinya syarat dukungan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan ini, diambil dalam rapat pleno KPU Kota Manado, yang digelar Senin (21/7/2020) malam. Dari 30.885 syarat minimum, dukungan yang memenuhi syarat tercatat 9.552 e-KTP atau kurang 21.36.

Terkit hal itu, komisioner KPU Kota Manado, divisi teknis, Sahrul Setiawan, kepada wartawan mengatakan, dukungan bakal pasangan calon atas nama dr Franky Kambey dan dr Daud Kirojan, tidak memenuhi syarat jumlah, yakni 30.885 dukungan.

“Sesuai ketentuan, untuk bisa memenuhi syarat maka bakal pasangan calon wajib memasukkan dua kali dari jumlah yang kurang saat verifikasi faktual. Sehingga dengan kekurangan 21.36, perbaikan yang wajib dimasukan adalah 42.726 e-KTP. Waktu perbaikan tanggal 25-27 Juli,” ujar Sahrul.

Ketua KPU Manado Jusuf Wowor menjelaskan, pleno yang dilakukan oleh KPU dari tingkatan paling bawah sudah sesuai dengan aturan. Walaupun diakui ada keberatan dari Paslon, terkait dengan tudingan ada warga yang tidak dikunjungi petugas verifikasi, tetapi menurut Wowor hal itu telah berhasil dibantah pada saat pleno.

“Pada saat pleno di tingkatan PPK, paslon maupun LO tidak mengatakan keberatan atas dukungan paslon. Selain itu LO atau Paslon tidak bisa menghadirkan orang yang disebut tak dikunjungi petugas. Oleh karena itu, keberatan itu tidak bisa diterima,” tutur Wowor kembali.

News Feed