DP3A Mitra Intens Pantau Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak DP3A Minahasa Tenggara, Susana Antou.
0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

LIPUTANMANADO.COM, RATAHAN – Meski di tengah pandemi Covid-19 yang melanda saat ini, pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) terus pantau segala bentuk kekerasan terhadap anak dan perempuan di daerah ini, Rabu (22/7/2020).

Dikatakan Kepala DP3A Minahasa Tenggara, Anna Dotulong melalui Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak Susana Antou. Ia mengaku pihaknya tetap memperhatikan setiap keluhan masyarakat apalagi mengenai kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Tetap kami selalu pantau yang namanya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kalau ada kejadian seperti itu, masyarakat silahkan datang melapor,” kata Antou.

Diakuinya, kerap kali pihaknya mendapati kasus anak dibawah umur yang bekerja karena faktor ekonomi. Tetapi ada pula yang mengikuti kemauan sendiri.

“Kami dapati juga ada anak dibawah umur yang akan dikawinkan, padahal umur baru 13 tahun. Kasus seperti itu kami langsung memberikan pembinaan baik ke pribadi anaknya demikian juga orang tua. Karena itu bisa berujung pada penindakan hukum,” jelas Susana.

Menurut Susana, pihaknya juga telah membentuk Forum Anak Daerah (FAD) yang merupakan utusan dari setiap kecamatan. Dimana pihaknya melakukan sosialisasi yang kemudian informasi tersebut akan diteruskan FAD ke masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

“Fungsi FAD adalah sebagai perpanjangan tangan untuk menyampaikan apa yang kami edukasikan terkait perlindungan anak dan perempuan dari unsur kejahatan kepada masyarakat. Jadi, begitu besarnya peran forum ini sehingga sangat penting kehadiran ditengah masyarakat,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan pencegahan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak, Susana mengharapkan Pemerintah Provinsi mempertimbangkan agar dapat merealisasikan setiap usulan terkait fasilitas penunjang anak.

“Jadi sangat dibutuhkan fasilitas penunjang agar mempermudah mengedukasi anak untuk pertumbuhan serta perkembangan anak yang jauh dari tindakan kekerasan serta hal-hal lain yang tidak diinginkan bersama,” tukasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%