Bawaslu Sulut Bersinergi dengan TNI Untuk Suksesnya Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Jefler Malonda saat memaparkan materi terkait peran TNI dalam Pilkada 2020
0 0
Read Time:1 Minute, 8 Second

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Ketua Bawaslu Sulut dr. Herwy Jefler Malonda, penuhi undangan Kodam XIII Merdeka dalam rangka memberikan pemaparan terkait peran jajaran TNI dalam mendukung kesuksesan Pilkada 2020, sekaligus memberi penegasan terkait netralitas aparat Negara dalam pelaksanaan Pilkada.

Kegiatan yang digelar di Aula Markas Kodam XIII Merdeka, Rabu (29/07/2020) itu, dibuka Panglima Kodam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang, diikuti perwira terkait di lingkungan Kodam, Kodim hingga Koramil di wilayah teritorial Kodam XIII Merdeka, khususnya Sulawesi Utara.

Menurut Malonda, peran TNI nantinya bersama-sama dengan Polri memberikan jaminan kepada masyarakat dalam keteriban dan keselamatan masyarakat sebagai pemilih selama berjalannya tahapan pilkada 2020 di tengah pandemic Covid-19.

Pada tahapan yang krusial, yang memungkinkan terjadi konsentrasi masa pendukung, Malonda berharap TNI dapat bersama-sama dengan penyelenggara pemilu untuk bisa optimal mengawasi penerapan protokol kesehatan covid-19 kepada peserta pemilihan dan tim pendukung terutama saat terjadi proses tatap muka.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Sulut ikut memaparkan beberapa hal terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada Tahun 2020, diantaranya dalam hal pencehagan, penanganan, dan penindakan secara hukum dan regulasi yang berlaku terhadap indikasi pelanggaran dalam Pilkada di Tahun 2020 ini dengan dukungan keamanan juga dari TNI bersama-sama dengan POLRI.

Diakhir pemaparannya, Ketua Bawaslu Sulut kembali mengingatkan jajaran TNI agar tetap menjaga netralitasnya dalam proses Pilkada serentak 2020 dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%