oleh

Update 15 Agustus 2020, Provinsi Sulut Ketambahan 50 Kasus Baru Covid-19

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Gugus Tugas Covid-19 provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Sabtu (15/08/2020) sore, umumkan update harian terkait kondisi epidemiologis Covid 19 di Sulut.

Dalam release tertulisnya, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr. Steaven P.Dandel, MPH selaku juru bicara gugus tugas menyatakan, data terbaru hasil pemeriksaan menunjukkan belum terjadi peningkatan yang bermakna bila dibandingkan dengan performa minggu lalu. Hanya naik 1% dibandingkan minggu sebelumnya.

“Secara akumulasi jumlah pasien terkonfirmasi Positif hingga Sabtu 15 Agustus 2020, sebanyak 3.260 orang atau bertambah 50 kasus baru, dengan rincian Kota Manado 10 kasus, Kota Bitung 5 kasus, Kota Tomohon 9 kasus, Kabupaten Minahasa 9 kasus, Kabupaten Minahasa Selatan 10 kasus, Kabupaten Minahasa Utara 3 kasus dan Luar wilayah 4 kasus,” paparnya.

Menurut Dandel, terdapat Tiga Kabupaten Kota dengan performa Surveilans yang sangat memuaskan, yakni Kota Tomohon, Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara. Tetapi terdapat 2 Kabupaten yakni Bolmung Utara dan Bolmong Selatan, yang tidak melaksanakan kegiatan Surveilans Laboratorium. Sedangkan untuk Kabupaten kepulauan Talaud dan kepulauan Sangihe, sampelnya baru akan masuk hari Minggu (16/08/2020).

“Kegiatan Surveilans ini harus dimaknai sebagai kegiatan intelejen penyakit untuk meyakinkan bahwa kondisi transmisi penyakit menular tidak lagi berlangsung di tengah masyarakat,” kata Dandel. (tos)

News Feed