oleh

Kunjungi Sulut, Fritz Siregar Semangati Jajaran Panwascam

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Anggota Bawaslu RI, divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi, Fritz Edward Siregar, menyapa jajaran pengawas pemilu di wilayah Sulawesi Utara, sekaligus memotivasi mereka agar bekerja dengan dedikasi untuk pembangunan demokrasi bangsa.

Mengawali kunjungan kerjanya di bumi Nyiur Melambai, Siregar menyapa jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), daerah yang pada tahun ini bersamaan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur sekaligus Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

 

Setibanya di Kantor Bawaslu Minsel, Siregar langsung disambut Ketua Bawaslu Minsel, Eva Kenitjem, anggota Bawaslu Abdul Majid Mamosey bersama personil Panwas Kecamatan se Minsel, yang berjejer membentuk barisan di depan kantor.

Dengan mematuhi protokoler kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, Frits dan rombongan jalani pemeriksaan dengan cara dichek suhu tubuh, kemudian cuci tangan. Mereka kemudian menginspeksi ruang kerja para pimpinan dan Staf Bawaslu Minsel, serta ruang Sentra Gakkumdu dan PPID.

Saat berdialog dengan jajaran Panwascam, Frits membeber beberapa masalah yang terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama terkait tahapan coklit, dimana Panwas Kelurahan dan Desa tak mendapat akses terhadap data pemilih, sehingga kewalahan dalam mengawasi proses coklit.

“Masalah coklit ini terjadi di hampir seluruh provinsi, sehingga membuat hubungan KPU dan Bawaslu kesannya kurang harmonis. Hal ini sudah kami persoalkan, karena secara histori, pembatasan akses data dimaksud, baru terjadi pada pemilihan kali ini, sebelumnya kan tidak,” kata Siregar.

Dialog tersebut berlangsung cukup dinamis, sejumlah personil Panwascam antusias bertanya dan minta tips terkait fungsi pengawasan yang efektif. Peserta juga bertanya soal sanksi pelanggaran pemilu oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Minahasa Selatan.

Usai mengunjungi Minsel, Frits ikut menyapa jajaran Bawaslu Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di Ratahan. Menariknya, rombongan Frits disambut di desa Lobu, kecamatan Touluaan, batas wilayah Minsel dan Mitra, dengan tarian adat kabasaran.

Setibanya di Kota Ratahan, ibukota kabupaten Mitra, rombongan disambut dan dikalungi bunga. Sama seperti di Minsel, Frits juga ikut meninjau seluruh ruang kerja pimpinan dan staf bawasu Mitra dan menyemangati jajaran panwascam di Mitra untuk mengawasi Pilgub 2020.

Frits dan robongan kemudian bergeser ke kantor Bawaslu Kota Tomohon guna memberikan arahan kepada jajaran pengawas pemilihan walikota dan wakil walikota Tomohon. Di kota Tomohon, Frist Disambut ketua Bawaslu Tomohon, Deisy Soputan Spd MHum dan jajaran panwascam.

Kegiatan Siregar pada Kamis (20/08/2020) diakhiri di kantor Bawaslu kabupaten Minahasa, menyapa jajaran pangawas pemilu di Minahasa sekaligus berdiskusi dan memotivasi mereka agar mengawasi pilgub.

Siregar didampingi Ketua Bawaslu Sulut, DR Herwyn Jeler Malonda; Anggota Bawaslu Sulut, divisi Hukum Humas Data dan Informasi, Supriyadi Sangellu SH dan anggota Bawaslu Sulut, divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Kenli Poluan disambut puluhan pengawas pemilu kecamatan (tos)

News Feed