Malonda Dorong Peran Kaum Perempuan Dalam Pengawasan Pilkada 2020

0 0
Read Time:1 Minute, 47 Second

LIPUTANMANADO.COM, AIRMADIDI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tidak akan berhasil mengawasi pemilu, termasuk pemilihan kepala daerah, apabila berjalan sendiri, tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat di bangsa ini.

Untuk itu Bawaslu mendorong peran aktif semua komponen bangsa dalam melaksanakan tugas pembangunan demokrasi. Dalam konteks Pilkada 2020, Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), ikut mendorong kaum perempuan untuk ikut aktif melakukan pengawasan Pilkada 2020 bersama semua elemen masyarakat di bumi Nyiur melambai.

Ajakan ini disampaikan ketua Bawaslu Provinsi Sulut, DR. Herwyn Jefler Malonda, saat menjadi pembicara dalam sosialisasi pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, untuk segmen perempuan yang digelar di Hotel Sutan Raja, Kalawat-Minut, pada Jumat (28//8/2020). Jamin Netralitas, Bawaslu Minut Gelar Rakor Bersama Pejabat ASN, TNI dan Polri

“Pembangunan demokrasi adalah tugas kita bersama, tidak hanya kaum laki-laki saja, karena sejarah mencatat ada banyak tokoh perempuan ikut keterlibatan dalam perjuangan bangsa ini. Sehingga dalam konteks Pilkada, tentu peran aktif kaum perempuan, baik itu kelembagaan atau individu, sangat dibutuhkan,” ujar alumni GMNI ini.

Menurut Malonda, peran organisasi perempuan maupun perempuan secara individu dapat dilakukan dengan ikut melaporkan setiap dugaan pelanggaran yang diligat di lingkungan dimana dia berada, yang mungkin tidak terjangkau atau tidak diketahui oleh jajaran pengawas pemilu di tingkat kelurahan dan desa (PKD) di wilayah tersebut.

“Masyarakat dapat ikut memantau jalannya setiap tahapan pilkada dan melaporkan kepada Bawaslu apabila ditemukan adanya pelanggaran, melalui fasilitas layanan yang sudah disiapkan oleh Bawaslu Sulut, antara lain Call Center dan SMS Gate Way yang bisa diakses dengan telpon, atau Media Center, yang bisa diakses dengan datang langsung ke kantor,” imbau Malonda.

“Kehadiran fasilitas ini diharapkan dapat menjadi sarana informasi publik terkait pelaksanaan Pilkada tahun 2020 mendatang. Ibu-ibu (perempuan) harus berani melaporkan jika menemui dugaan pelanggaran. Perempuan dapat terlibat aktif dengan menjadi pemantau atau menjadi agen sosialisasi dan bisa memberikan pendidikan politik ke masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi oleh Divisi SDM Bawaslu Sulut bekerjasama dengan LSM Swara Papampuang Sulut ini, diikuti oleh 150 orang peserta dari berbagai organisasi perempuan di Sulut, dengan pembicara Ketua Bawaslu Sulut, Malonda Malonda dan Kordinator bidang kajian dan advokasi Swara Perempuan Sulut, Nurhasanah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%