oleh

Malonda Ingatkan KPU Soal B1.KWK dan Teknis Pendaftaran Bakal Paslon

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) provinsi Sulawesi Utara (Sulut), DR. Herwyn Jefler Malonda mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperhatikan soal B1.KWK dan hal teknis saat pendaftaran bakal pasangan calon.

Hal ini disampaikan Malonda ketika menjadi pembicara pada rapat koordinasi persiapan pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020, yang digelar KPU Provinsi Sulut, di Swiss Belhotel Maleosan Manado, Senin (31/08/2020).

Menurut Malonda, payung hukum terkait pendaftaran pasangan calon sudah diatur secara jelas di dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Saya mengingatkan teman-teman jajaran KPU agar wajib memperhatikan tanda terima kelengkapan berkas pendaftaran bakal pasangan calon agar tidak terjadi miss communication dengan peserta pilkada. Karena hal ini kadang ikut disengketakan oleh paslon,” ujar Malonda mengingatkan.

Pada kesempatan itu, Malonda menyampaikan beberapa hal terkait kerawanan dalam proses pendaftaran bakal paslon dan tindak lanjut Bawaslu bilamana nantinya terjadi pelanggaran dalam tahapan tersebut.

“Setiap tahapan punya kerawanan, karena itu kami akan mengawasi dan selalu mengingatkan bilmana terjadi pelanggaran, dan merekomendasikan untuk segera diperbaiki, sehingga tidak harus ke proses sengketa. Namun kami pun siap menangani sengketa yang diajukan,” tegas Malonda.

Ketua Bawaslu juga mengingatkan KPU agar mengantisipasi pendaftaran di hari akhir batas pendaftaran, karena dikutirkan akan ada konsentrasi massa pendukung, yang hadir mendampingi calon mereka. “Koordinasi dengan partai politik terkait pendaftaran harus dilakukan, agar mereka pun sama-sama mematuhi protokol kesehatan, pencegahan covid-19,” imbaunya.

News Feed