oleh

Bawaslu Siapkan Video Tutorial Edukatif Terkait Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Peran lembaga pengawas pemilu di tengah pandemi Covid-19 tidak lagi terbatas pada aturan teknis penyelenggaraan pemilu, namun juga sudah mencakup pengawasan perilaku peserta dan pendukungnya dalam menaati protokol Covid-19.

Bawaslu RI pun saat ini tengah menyiapkan beragam strategi guna meminimalisir resiko penyebaran covid-19 di dalam proses penyelenggaraan pilkada 2020, diantaranya dengan menyiapkan video tutorial edukatif kepada untuk semua stakeholder.

Hal tersebut ikut dibahas dalam rapat virtual atau secara daring, yang diikuti jajaran Bawaslu Provinsi se Indonesia, termasuk ketua Bawaslu Provinsi Sulut, selaku Kordinator divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, DR. Herwyn Jefler Malonda, Kamis (10/09/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan ini, membahas finalisasi editing internal video tahapan kampanye dalam rangka pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020 yang sebagaimana tahapan kampanye Pilkada tahun 2020 akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Video yang akan dihasilkan dimaksudkan sebagai upaya penguatan kapasitas jajaran pengawas dalam memetakan potensi masalah dan prosedur pengawasan pelaksanaan kampanye yang dilaksanakan di tengah pandemi covid-19,” ujar Malonda usai rapat virtual tersebut.

Dalam video tutorial dimaksud, juga akan membahas kampanye dialog oleh paslon dalam Pilkada tahun 2020, dimana pelaksanaannya tidak saja secara terbuka atau tertutup, namun juga akan dilakasanakan melalui via daring, dengan pertimbangan protokol covid-19.

Selain itu dalam video tutorial ini menjelaskan terkait dg potensi kerawanan terkait netralitas ASN, Perangkat Desa, Struktural BUMN, TNI dan POLRI. Juga larangan politik uang, politik identitas dan SARA serta larangan pelibatan masyarakat yang belum cukup umur dalam kampanye.

News Feed