Dua Warga Luka dan Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa Bermagnitudo 5,7 Yang Guncang Talaud

0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

LIPUTANMANADO.COM, MELONGUANE – Gempa bumi bermagnitudo 5,7 yang mengguncang wilayah kepulauan Talaud pada Rabu (09/09/2020) sekira pukul 15:18 Wita menyebabkan puluhan rumah warga dan gedung fasilitas public rusak.

Menurut sumber di kepulauan Talaud, guncangan gempa yang terjadi siang hari itu sangat terasa, sehingga membuat warga yang tengah berada di dalam rumah, seketika kocar kacir menyelamatkan diri lari keluar rumah.

“Akibat guncangan gempa kemarin, warga sempat panik melarikan diri keluar rumah, apalagi yang kondisi rumahnya mengalami kerusakan dari yang ringan hingga berat.” Ujar Denny warga Beo, Kamis (10/09/2020).

Kepala Urusan Humas Polres Kepulauan Talaud, Bripka Michael Wongso, kepada LIPUTANMANADO.COM menjelaskan, kerusakan akibat gempa yang terjadi di wilayah kepulauan Talaud, dialami oleh warga di wilayah kecamatan Beo dan kecamatan Rainis.

Berdasar laporan Polsek Beo, didapati ada 12 bangunan di wilayah Beo yang mengalami rusak ringan antara lain, Dua bangunan gereja yaitu Gereja Germita dan Gereja GPdI desa Bengel, serta 10 unit rumah warga.

Selain korban rumah rusak, dilaporkan juga ada satu orang warga, perempuan bernama Costansi Nusa, warga desa Bengel kecamatan Beo, yang alami luka pada kepala, dan telah mendapat penanganan dari petugas puskesmas setempat.

Sementara itu di wilayah kecamatan Rainis rumah warga yang rusak akibat gempa yaitu Dua rumah milik warga serta Satu gedung gereja GPdI di desa Bantane, Lima rumah warga di desa Batupenga, Sembilan rumah warga di desa Alo dan desa Alo Utara serta kantor dan rumah dinas puskesmas Rainis.

Di wilayah kecamatan Rainis juga dilaporkan ada Satu warga yang alami luka, yakni laki-laki atas nama Jonli Asili, warga Rainis.

Diketahui, berdasar data Badan Matereologi Klimatologi dan Geofisika, Gempa bermagnitudo 5,7 terjadi di kordinat 4.22 LU – 126.78 BT atau 27 Km Timur Laut Ibukota Melonguane dengan kedalaman 10 Km dan tidak berpotensi Tzunami.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%