oleh

327.739 Warga Kota Manado Ditetapkan Sebagai Daftar Pemilih Sementara

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado gelar rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Tahun 2020.

Dari hasil pleno tersebut diketahui Daftar Pemilih Sementara (DPS) kota Manado untuk Pilgub dan Pilwako tahun 2020 sebanyak 327.739 orang. Terdiri dari pemilih laki-laki berjumlah 161.342 orang dan pemilih perempuan berjumlah 166.397.

“Yang terdata itu tersebar di 11 Kecamatan, 87 Kelurahan, dengan 979 Tempat Pemungutan Suara atau TPS,” kata Ketua KPU Manado Drs Yusuf Wowor di laman resmi Media Online Pilkada 2020.

Ditambahkan oleh Komisioner KPU Kota Manado Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Gafur Subaer, bahwa KPU sendiri meminta agar masyarakat mengecek ulang DPS dan memberikan laporan, jika masih ada data yang bermasalah termasuk jika ada yang tidak terdaftar.

“PPS,  PPK dan tentunya KPU Kota Manado menerima masukan dan tanggapan dari semua pihak, terkait dengan data DPS yang telah diumumkan ini. Semua pihak, baik masyarakat, partai politik, pengawas pemilu dan lembaga lainnya, bisa memberikan masukan dan tanggapan,” ujarnya.

Dikatakan Gafur, KPU Manado menerima masukan dan tanggapan tersebut selama 10 hari, sejak Sabtu (19/9) hingga Senin (28/9) mendatang.

“Nantinya akan ada formulir tanggapan yang disediakan dalam bentuk Model  A.1.A-KWK. masukan dan tanggapan ini bisa dimasukan ke semua tingkatan penyelenggara mulai dari PPS, PPK dan KPU Kota Manado,” tutur Gafur.

Gafur juga mengingatkan agar pihak yang memberi masukan dan tanggapan harus melampirkan dokumen pendukung terhadap pemilih yang akan ditanggapi berupa foto atau copyan e-KTP, Kartu Keluarga atau Surat Keterangan.

Adapun tanggapan yang bisa diberikan oleh masyarakat diantaranya:

  1. Pemilih yang telah memenuhi syarat tetapi belum terdaftar dalam DPS
  2. Pemilih sudah meninggal dunia
  3. Pemilih tidak berdomisili di desa/kelurahan atau sebutan lain tersebut
  4. Pemilih terdaftar lebih dari 1 (satu) kali atau ganda
  5. Pemilih terdaftar di DPS tetapi sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai Pemilih

News Feed