oleh

Malonda Beri Arahan Kepada PKD di Tombatu Minahasa Tenggara

LIPUTANMANADO.COM, TOMBATU – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara, DR. Herwyn J. H. Malonda, MH., MPd berikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada 70 orang pengawas kelurahan/desa di wilayah Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (28/09/2020). 

Menurut Malonda, kegiatan Bimtek semacam itu menjadi salah satu agenda wajib secara struktural jajaran Bawaslu.

“Dalam supervisi ini Bawaslu hendak mengukur efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan Bimtek serta sekaligus sebagai bahan evaluasi dalam rangka peningkatan kapasitas SDM jajaran Pengawas Ad-hoc di daerah ini untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajibannya,” ujarnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan Bimtek bagi Panwaslu Kelurahan/Desa pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Kabupaten Minahasa Tenggara dan kabupaten Minahasa Selatan, ada beberapa catatan penting ditekankan oleh Malonda, antara lain Peserta bimtek agar mengikuti setiap rangkaian dan jadwal kegiatan Bawaslu Kabupaten/Kota dengan baik kedepannya, guna membekali Pengawas Kelurahan/Desa melaksanakan kerja-kerja pengawasan dalam tahapan Pilkada yang saat ini memiliki dinamika tingkat kesulitan yang berbeda dari Pilkada yang sudah diselenggarakan sebelumnya karena pilkada tahun 2020 dilaksanakan ditengah pandemi covid-19.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulut juga menambahkan, bahwa dalam kegiatan saat ini. Setiap peserta yang mengikuti kegiatan bimtek akan menjadi bahan penelitian dan evaluasi secara berjenjang yg nantinya akan disusun dan dikaji guna bahan evaluasi pengembangan metode pembelajaran dan pelatihan untuk peningkatan kapasitas jajaran SDM Pengawas Adhoc di Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara supaya lebih baik lagi kedepannya.

Selain itu kunjungan Ketua Bawaslu Sulut dilakukan untuk menunjang dan memastikan jajaran SDM Adhoc di Kabupaten/Kota benar-banar mampu melaksanakan tugas-tugas pengawasan sesuai dengan regulasi tahapan pilkada dan ketentuan protokol covid 19 yang berlaku Tahun 2020 ini.

Menambahkan, bahwa dalam proses kampanye ditengah pandemi covid 19 saat ini, setiap jajaran Bawaslu sampai pada jajaran pengawas adhoc ditingkat kelurhan/desa dituntut memang harus benar” disiplin dlm menerapkan kepastian hukum protokol covid 19 dalam tahapan kampanye berjalan, tetapi juga tak luput dg penerapan kepastian hukum terkait dg larangan” dlm pelaksanaan kampanye oleh paslon dan tim sukses.

Ketua Bawaslu berharap dlm kegiatan ini, jajaran pengawas adhoc kelurahan/desa baik di kabupaten mitra ataupun di kakupaten minsel terus berkoordinasi kepada jajaran pengawas kecamatan dan kabupaten/kota, tetap berintegritas, jujur, dan menjunjujg nilai2 etik sebagai penyelenggara pemilu.

News Feed