Bawaslu Sulut Deklarasikan Anti Politik Uang, HOAX dan Politisasi SARA

Penandatanganan Deklarasi Anti Politik Uang HOAX dan Politisasi SARA
0 0
Read Time:1 Minute, 17 Second

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) deklarasikan anti politik uang, Hoax serta politisasi Suku, Agama dan Ras (Sara) bersama pasangan calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota, KPU, TNI, Polri, Kejaksaan dan Stakeholder lainnya.

Deklarasi yang digelar di Hotel FourPoint by Seraton Manado, Jumat (09/10/2020) ini tergolong istimewa karena ikut dihadiri Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH, yang bertepatan datang melakukan kunjungan kerja di wilayah Sulut, serta Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulut, DR. Ahmad Fatoni.

Deklarasi ditandai dengan pembacaan pernyataan secara bersama-sama oleh semua peserta deklarasi, dilanjutkan dengan pemukulan tatengkoran serta ikut dibarengi tarian kabarasan sebagai simbol perang terhadap politik uang, hoax dan politisasi SARA. Terakhir semua peserta membubuhkan tandatangan sebagai tanda komitmen pada deklarasi itu.

Ketua Bawaslu Sulut, DR Herwyn Malonda mengatakan, deklarasi tersebut sebagai langkah preventif untuk mencegah tidak terjadinya praktik politik uang, hoax dan politisasi SARA dalam pemilihan kepala daerah 2020 di Sulut. “Politik uang, Hoax dan Politisasi Sara harus diperangi bersama. Bukan saja peserta tapi juga seluruh masyarakat,” pinta Malonda.

Malonda pun berharap setiap Paslon dapat mengutamakan visi misi dalam meraih dukungan masyarakat. Sehingga visi misi Paslon kiranya bisa sampai dan diketahui masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam memilih calon pemimpin kedepan.

Sementara itu Ketua Bawaslu RI, Abhan SH MH mengatakan, dalam permainan sepak bola posisi Bawaslu adalah wasit. Sehingga harus berkomitmen dengan aturan yang ada dalam berkompetisi. “Jika penyelenggaranya sudah memiliki komitmen, pesertanya juga harus sama. Termasuk dalam memerangi politik uang, penyebaran hoax serta politisasi Sara demi mewujudkan Pilkada yang demokratis,” tandasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%