oleh

KPU Manado Sebut Pemutakhiran Data Pemilih Sudah Sesuai Prosedur

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, menegaskan jika tahapan Pilkada Manado terkait dengan pemutakhiran Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4 sudah selesai.

KPU menyampaikan, pihaknya sudah menjalankan semua proses tahapan pencocokan dan penelitian atau biasa disebut Coklit KPU, dan saat ini telah menghasilkan Data Pemilih Sementara (DPS).

Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Gafur Subaer mengatakan, data dan daftar pemilih pada pelaksanaan Pilkada adalah data proses faktual yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat PPDP, PPS, PPK, Kabupaten atau Kota dan di tingkat Provinsi.

“Sedangkan untuk DP4 itu, adalah kewenangan pemerintah yang mekanismenya adalah diserahkan oleh Mendagri kepada KPU RI pada awal tahapan. Kami yang di daerah, hanya menerima data hasil sinkronisasi dari KPU RI yang digunakan sebagai data awal untuk pelaksanaan Coklit. Dan semua itu ada regulasi yang mengatur,” tutur Gafur, Jumat (9/10).

Gafur menegaskan, pihak KPU selama ini bekerja sesuai dengan regulasi dan kalender tahapan yang mengatur pelaksanaan Pilkada. Menurutnya, pihaknya juga sudah melakukan sanding data dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait data hasil Coklit.

Bahkan menurutnya, penyandingan data sudah dilaksanakan sehingga saat ini tahapannya sudah pada DPS dan itu sudah ditetapkan.

“Tahapan Pemutakhiran Data tetap akan berjalan sesuai regulasi dan kalender tahapan. Kami (KPU) telah meminta dukcapil untuk menyandingkan data hasil coklit jajaran kami yg terindikasi telah pindah domisili, tidak dikenal dan bukan penduduk. Dan itu sudah ditetapkan sebagai DPS,” kata Gafur.

Gafur sendiri menyebutkan, KPU sangat berterima kasih atas peran Pemkot terkait pemutakhiran data pemilih. Serta meminta Pemkot mengajak masyarakat untuk mengecek jika mereka sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, sehingga KPU dapat memastikan semua warga yang mempunyai hak pilih telah terdaftar.

“Kami mengapresiasi baik usaha pemerintah untuk membantu KPU dalam memutakhirkan data pemilih di Kota Manado,” kata Gafur kembali.

News Feed