Sambangi Kantor Bawaslu Tomohon, Abhan Imbau Jajarannya Tegakan Protokol Kesehatan

0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

LIPUTANMANADO.COM, TOMOHON – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan SH, MH, sambangi kantor Bawaslu Kota Tomohon, Sabtu (10/10/2020). Kunjungan ini didampingi Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda dan anggota Bawaslu Sulut lainnya.

Setibanya di kantor Bawaslu Tomohon, Jl. Raya Tomohon – Kawangkoan, Walian, Abhan disambut ketua Bawaslu Kota Tomohon Deysi Soputan dan Dua anggota Bawaslu Tomohon bersama staf bawaslu dan jajaran Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se kota Tomohon.

Abhan dalam sambutanya mengapresiasi komitmen jajaran Panwascam dalam mengawasi Pilkada 2020. Meski sempat diberhentikan sementara karena Covid-19, jajara. tetap sabar menunggu hingga akhirnya diaktifkan kembali.

“Tugas Bawaslu dan jajaran dalam Pilkada ini berbeda dengan Pilkada atau Pemilu dalam kondisi normal. Kali ini kita ditambah tugas mengawasi pilkada di luar hal-hal elektoral, sehingga sinergi dengan pihak terkait penting untuk dibangun,” kata Abhan.

Menurut mantan ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ini, ada Tiga langkah yang mesti dilakukan Pengawas Pemilu dalam tugas pengawasan dan penindasan pelanggaran terhadap kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Pertama secara persuasif, kedua memperingatkan dan ketiga menindak atau mengeksekusi.

“Terkait Paling awal, kita harus persuasif, imbau mereka agar tidak melanggar, Jika sudah diimbau tetap terjadi pelanggaran, langkah selanjutnya teguran. Selanjutnya jika teguran tidak diidahkan maka langkah selanjutnya berkoordinasi dengan TNI Polri Satpol, untuk penindasan,” tegasnya.

Abhan juga berpesan kepada jajaran Bawaslu Kota Tomohon dan Panwascam se Kota Tomohon agar tegas kepada peserta Pilkada yang tak mengindahkan protokol pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19.

“Kenapa kita harus menegakkan regulasi protokol kesehatan, karena di situ ada misi menyelamatkan manusia dari bahaya covid-19. Maka dari itu, jangan segan beri rekomendasi kepada KPU apabila imbauan dan teguran tak diidahkan,” tandas Abhan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%