KPU Manado Imbau Warga Perhatikan DPT, Jika Belum Masuk Silahkan Lapor

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Guna menjamin hak konstitusional setiap warga negara tetap terlayani dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado terus mengimbau warga agar proaktif mengecek nama mereka pada daftar pemilih tetap (DPT).

Sebagaimana disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Manado Gafur Subaer, bahwa pihaknya tak henti-hentinya terus mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan nama mereka, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT Pilkada Manado atau belum.

“Saat ini DPT sudah ditempelkan di kantor kelurahan masing-masing wilayah, juga ikut diumumkan lewat pengeras suara oleh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan masing-masing. Oleh karena itu diharapkan dapat diperhatikan, jika belum terdaftar silahkan melapor,” ungkapnya, Jumat (30/10/2020).

Menurut Gafur, masyarakat bisa langsung melakukan koreksi nama-nama tersebut, jika ada nama atau alamat yang salah dituliskan dalam DPT.  Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui apakah ada nama-nama pemilih yang tidak jelas asal-usulnya, tapi terdaftar di tempat mereka.

“Masyarakat harus proaktif mengecek apakah mereka sudah ada dalam DPT. Selain itu, peran masyarakat juga sangat penting dalam koreksi DPT. Untuk itu, kami meminta dan mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pemilih yang sudah terdaftar di DPT,” kata Gafur.

Masyarakat sendiri bisa mengoreksi daftar pemilih tetap hingga tanggal 6 Desember atau H-3 sebelum hari pencoblosan. Bagi masyarakat yang masuk kategori sebagai pemilih aktif tapi belum terdaftar, Gafur mengaku kapan saja bisa melapor untuk dimasukan sebagai daftar pemilih.

“Prinsipnya KPU tidak ingin ada satu pemilih pun yang tidak terdaftar dalam Pilkada ini. Tapi, KPU juga tidak ingin ada pemilih yang bukan berasal dari Manado kemudian masuk sebagai pemilih. Untuk itu, kami butuh kerjasama dari masyarakat untuk memantau hal tersebut,” tegasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%