oleh

Ini 4 Cara Basmi Nyamuk di Dalam Rumah

LIPUTANMANADO.COM – Tidak dapat dimungkiri, memiliki tempat tinggal di negara tropis seperti Indonesia, pasti akan mendapatkan adanya nyamuk di sekitar kita, termasuk di dalam rumah.

Seperti yang dilansir dari India Today, Senin (16/11/2020), selain gigitannya yang menganggu, nyamuk juga dapat menularkan penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, dan demam kuning.

Lantas, bagaimana caranya membasmi nyamuk yang ada di dalam rumah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kawat nyamuk

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah adalah dengan cara menggunakan kawat nyamuk di ventilasi udara rumah.

Dengan begini, bisa meminimalisir nyamuk dari luar ruangan. Kemudian, jangan pernah menumpuk pakaian kotor di dalam kamar, sebab tumpukan baju kotor maupun gantungan baju bersih bisa menjadi tempat bersarang nyamuk.

2. Bersihkan genangan air

Nyamuk sangat menyukai genangan air seperti di dalam vas, di bak mandi, ataupun genangan AC yang menetes. Tempat tersebut bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Untuk itu, hindari adanya genangan dalam rumah, atau bersihkan secara berkala genangan air tersebut. Jika Anda memiliki bak mandi, sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin.

3. Lemon dan cengkeh

Sebuah penelitian menemukan bahwa nyamuk tidak menyukai wangi lemon (segala sesuatu yang berbau jeruk) dan cengkeh.

Caranya adalah dengan mengiris lemon menjadi dua kemudian masukkan cengkeh ke dalam satu wadah. Selanjutnya letakkan wadah tersebut di sudut rumah yang terindikasi paling banyak serangga tersebut.

4. Air sabun

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan sepiring air sabun untuk mengusir nyamuk dalam rumah.

Caranya, letakkan piring atau wadah berisi sabun dan air di tempat yang memungkinan nyamuk hinggap. Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring atau deterjen untuk perangkap ini.

Nyamuk menyukai genangan air, ketika ia melihat ada genangan air ini, nyamuk akan menghampiri dan terperangkap dengan sabun yang ada di dalam wadah tersebut.(kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Simak, 4 Cara Basmi Nyamuk di Dalam Rumah

News Feed