oleh

Sukses Gelar Simulasi Pemungutan Suara, KPU Manado Berharap Pemilih Tak Takut Datang ke TPS

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado sukses menggelar simulasi atau ujicoba pemungutan dan perhitungan suara Pilkada 2020 di lapangan Bantik Kecamatan Malalayang, Sabtu (21/11/2020).

Koordianator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Manado Sahrul Setiawan mengatakan, sesuai arahan KPU RI, Situasi dan Kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus di lapangan terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat.

Simulasi yang ikut diawasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado, dan masyarakat tersebut kata Sahrul digelar sekali dan disiarkan secara langsung melalui Media Sosial KPU Manado, baik YouTube maupun media social lainnya.

“Evaluasi kita terkait kinerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang harus dibekali semaksimal mungkin,” terangnya.

Selain itu, Setiawan juga menekankan agar rekan-rekan KPPS lebih berhati-hati dalam kerja pada 9 Desember nanti perihal mekanisme penggunaan suara.

“Semisal pemilih pindahan, pemilih tersebut pindah ke Manado dan masih beridentitas masyarakat Sulawesi Utara (Sulut), maka hanya berhak mendapat 1 surat suara saja,” bebernya.

Menurut Setiawan, jika hal itu tidak diperhatikan dengan baik dan banyak kekeliruan, maka berpotensi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Kami berharap masyarakat turut andil mensukseskan agenda nasional Pesta Demokrasi ini, dan jangan takut datang ke TPS,” imbaunya.

News Feed