Moms, Ini 5 Cara Antisipasi agar Anak Terhindar Masalah

Ilustrasi (Thinkstock)
0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

LIPUTANMANADO.COM – Anak usia dini merupakan usia keemasan yang memiliki kebutuhan khusus. Banyak pula dari ayah dan bunda yang menjadi orang tua pertama kalinya.

Karena itu, penting sekali mengenali perkembangan dan kebutuhan anak usia dini sehingga dapat memberikan pola pengasuhan yang tepat.

Akan tetapi, dalam masa pandemi ini memberikan lebih banyak lagi kesempatan bagi ayah dan bunda untuk berinteraksi dengan anak di rumah.

Tentunya banyak sekali permasalahan baik fisik maupun psikis yang ayah dan bunda temukan. Namun, sebaiknya anak terbebas dari permasalahan.

Melansir laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Minggu (22/11/2020), berikut 5 cara antisipasi anak terhindar masalah.

1. Amati tumbuh kembang anak

Apakah pertumbuhan dan perkembangan telah sesuai dengan usia anak. Misalnya tinggi dan berat badan anak apakah sesuai usianya.

2. Gali dan pahami minat dan bakat anak

Ajak dan tawarkan kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakatnya. Bagi orang tua, maka harus menggali dan memahami bakat anaknya.

Keahlian pada suatu bidang akan membantu anak percaya diri, punya sesuatu yang dibanggakan dan membantu anak membentuk jati dirinya.

3. Jadilah tempat bercerita bagi anak

Biasakan untuk bertanya pada anak tentang berbagai kejadian, atau jadi pendengar yang baik, dan berikan kesempatan anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya.

Hindari menyalahkan, membandingkan atau meremehkan anak. Tentu ini akan membawa dampak kurang baik bagi perkembangan anak.

4. Kenali teman-teman anak lebih dekat

Coba bagi orang tua untuk mengenali nama, tempat tinggal, orang tua, nomor teleponnya, kebiasaan dan minat teman anak.

5. Ciptakan suasana rumah yang aman

Tugas bagi orang tua tentu harus bisa menciptakan suasana nyaman dan harmonis, sehingga anak betah di rumah.

Ayah dan bunda harus saling mendukung, berbagi peran dan saling menyayangi anak dengan sepenuh hati.(kompas.com)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%