oleh

Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini Penyebabnya

-Iptek-65 views

LIPUTANMANADO.COM – Dalam penggunaan mesin cuci, ada saja permasalahan yang muncul. Salah satunya adalah mesin cuci yang tidak berputar.

Dilansir dari Which, Senin (23/11/2020), jika mesin cuci tidak berputar, permasalahan yang terjadi salah satunya adalah overload atau terlalu banyak pakaian yang dicuci, sehingga tabung mesin cuci menjadi tidak seimbang.

Misalnya, jika Anda mencuci handuk yang terlalu berat maka beratnya dapat memengaruhi sensot mesin cuci dan membuat mesin tidak bisa bekerja. Oleh karena itu, seimbangkan isi pakaian di dalam tabung dan cobalah nyalakan lagi mesin cuci.

Jika masalahnya bukan karena beban tabung yang terlalu berat, maka ada beberapa masalah yang bisa menjadi penyebabnya, yakni sebagai berikut.

1. Kunci atau interlock pintu rusak

Saat pintu mesin cuci tertutup sepenuhnya, maka mesin akan memberi sinyal kepada interlock bahwa pintu sudah ditutup dan aman untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam siklus pencucian, misalnya memutar.

Interlock kemudian akan memastikan bahwa pintu tetap tertutup saat pencucian sedang berlangsung.

Jika salah satu dari ini rusak atau aus, maka mesin cuci tidak akan mendapatkan lampu hijau untuk mulai berputar. Anda dapat memeriksanya dengan menekan kaitnya, jika tidak berbunyi klik, berarti rusak.

Lihat juga bagian plastik di sekitar kunci pintu, jika sudah aus atau berkarat, sinyalnya mungkin tidak berfungsi.

2. Masalah pada sabuk penggerak

Cari tahu apakah sabuk penggerak adalah akar masalahnya dengan membuka pintu dan mencoba memutar drum. Harus ada hambatan.

Jika tabung mesin cuci berputar dengan mudah maka sabuk mungkin perlu diganti.

3. Hambatan pada pipa air mesin cuci

Jika air di dalam tabung mesin cuci tidak dapat terkuras, maka siklus pemutaran tidak akan dimulai. Jika Anda masih dapat melihat air di dalam tabung saat putaran harus dimulai, ini adalah tanda yang jelas bahwa Anda perlu memeriksa penyumbatan pada pipa Anda.

Penyebab lainnya termasuk motor penggerak atau pompa yang rusak. Jika Anda masih tidak yakin tentang penyebabnya, hubungi teknisi untuk memeriksa mesin Anda.

News Feed