oleh

Menkes: Ada 1.655 Klaster Penularan Covid-19

LIPUTANMANADO.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya mencatat 1.665 klaster penularan Covid-19 di Indonesia.

Jumlah ini berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga Minggu (29/11/2020).

“Untuk klaster penyebaran, data terbaru yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan ada 1655 klaster,” kata Terawan dikutip dari siaran pers di laman resmi Kemenkes, Senin (30/11/2020).

Dari jumlah itu, ada empat klaster baru penyebaran Covid-19.

Keempatnya yakni klaster Perjalanan Dinas dari Surabaya di Bangka Barat, klaster Lurah Petamburan Jakarta Pusat, klaster guru-guru di kota Gorontalo, dan klaster guru-guru di Bone Bolango

Terawan mengatakan, Kemenkes hingga saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan kesiapsiaagan dengan meningkatkan kapasitas ruang isolasi dan ICU untuk perawatan pasien Covid-19.

“Masyarakat terus diminta melaksanakan 3M dengan tertib. Pembagian peran ini wajib dilaksanakan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Terawan.

“Pemerintah wajib melakukan 3T (testing, tracing dan treatment), sedangkan masyarakat wajib melakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan pakai sabun)”, ucap dia. (kompas.com)

News Feed