Gudang CDC Kini Hadir di Bolmong

Ground Breaking CDC di Bolmong.(humas pemkab bolmong)
0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

LIPUTANMANADO.COM, LOLAK – Gudang Corn Drying Centre (CDC) segera hadir di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).
Ground breaking gudang Bulog tersebut berlangsung Senin (7/12/2020) di Desa Dulangon.

Adanya CDC merupakan kabar baik bagi petani jagung di Bolmong dan Sulut pada umumnya.

Petani tak usah lagi khawatir jagung membusuk dan tak terserap. Stabilitas harga terjaga hingga petani menangguk untung lebih besar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang mewakili Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melakukan peletakan batu pertama pembangunan gudang CDC. Tahlis menitipkan salam Yasti bagi Bulog. “Sedianya Bupati akan hadir dalam acara ini, namun tiba-tiba ada agenda penting bersama Wakil Bupati untuk memimpin rapat. Melalui saya, ibu Bupati menitipkan pesan bahwa sangat senang karena impiannya hari ini mulai direalisasikan,” kata Tahlis.

Sebut Tahlis, CDC adalah janji Yasti saat maju Pilbup tiga tahun lalu. Janji tersebut lahir dari keresahan Yasti melihat kondisi petani jagung. “Produksi panen jagung di Bolmong sudah tinggi. Namun cuaca di sini tidak menentu seperti curah hujan cukup tinggi. Sehingga panen jagung banyak yang rusak. Nah, ketika rusak tentu mempengaruhi harga. Sehingga dengan adanya CDC atau pusat pengeringan jagung ini di Bolmong, maka para petani kita termotivasi untuk meningkatkan produksi jagungnya,” jelas Tahlis.
Selama ini, kata dia, banyak petani Bolmong menjual jagungnya ke Gorontalo. Sebut dia, kebanyakan jagung di Gorontalo
berasal dari Bolmong. “Dengan hadirnya CDC dengan daya tampung awal yakni tiga silo, akan dapat menampung jagung tak hanya dari Bolmong, tapi juga luar Bolmong. Daya tampung satu silo adalah 3000 ton. Berarti kalau tiga silo 9000 ton,” kata dia.

Hadirnya CDC, dia memprediksi bakal membuat petani kian bersemangat hingga produksi meningkat. Efek selanjutnya adalah ketahanan pangan terwujud dan berujung pada geliat ekonomi kawasan. Tahlis berharap masih akan ada lagi pembangunan menyusul CDC tersebut. “Kami pemerintah akan mendukung penuh, jangankan lahan yang dihibahkan tapi segala hal yang memperlancar proses pembangunan tersebut,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%