Klarifikasi KPU Manado Terkait Anggota KPPS Yang Diduga Positif Covid-19

Komisioner KPU Kota Manado Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Ismail Harun
0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – KPU Kota Manado akhirnya melakukan klarifikasi terkait pemberitaan yang dimuat di beritakawanua.com dengan judul: KPU Manado Bungkam Soal KPPS Positif Covid-19, Waspadai Klaster Baru Pencoblosan.

Klarifikasi tersebut dikirimkan melalui WhatsApp Grup Media Pilkada Manado oleh Komisioner KPU Manado Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Ismail Harun, Rabu (9/12/2020) pagi.

Ismail menyebut terkait KPPS yang sampai dengan tanggal 7 Desember atau H-2 masih berstatus positif, maka KPPS yang bersangkutan tidak dapat bertugas dan digantikan.

“Ini sesuai dengan surat 1160/PP.04.2-SD/01/KPU/XII/2020,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam hal dalam satu TPS anggota KPPS berkurang dari 5 orang, maka PPS dapat menunjuk KPPS dari TPS terdekat untuk bertugas di TPS tersebut.

“Tentunya dengan ketentuan jumlah KPPS di setiap TPS tidak boleh kurang dari 5 orang,” tukasnya.

Pada pemberitaan sebelumnya yang dimuat menuliskan Pilkada Serentak 2020 di Kota Manado berpotensi menciptakan klaster baru Covid-19. Ini setelah didapati 1.038 anggota KPPS reaktif rapid test beberapa waktu lalu.

Bahkan kabar terbaru sehari jelang pencoblosan 9 Desember esok, ada 14 anggota KPPS yang positif terpapar virus asal Wuhan China ini yang disampaikan Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda.

“Ya. Itu data yang masuk seperti itu,” jawab Herwyn Malonda dikonfirmasi wartawan via ponsel, Selasa (8/12/2020).

Malonda memberikan solusi untuk dilakukan pergantian petugas KPPS. Tapi jika tidak memungkinkan, KPPS yang sehat melaksanakan tugas rangkap.

“Paling sedikit harus ada lima orang KPPS dalam satu TPS,” terangnya.

Ketua Bawaslu Sulut dua periode ini tetap mengajak masyarakat pemilih di Sulut untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Rabu 9 Desember 2020, pukul 07.00-13.00 WITA.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%