oleh

KPU Minsel Apresiasi Kinerja Polri dan TNI Jaga Pilkada 2020 Jadi Aman Lancar

LIPUTANMANADO.COM, AMURANG – Pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berjalan lancar dan aman.

Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga, Kamis (10/12/2020) mengucapkan terima kasih kepada aparat kemanan dalam hal ini Polri dan TNI yang sudah menjaga jalannya gelaran pesta demokrasi.

Dia juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada wajib pilih yang sudah menyalurkan hak suaranya di 513 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 17 kecamatan, 167 desa dan 10 kelurahan se-Minsel.

Dia yakin target partisipasi pemilih di atas 77 persen seperti yang sudah dicanangkan. Bagi pendukung terutama pasangan calon bupati dan wakil bupati supaya menunggu pengumuman resmi dari KPU Minsel.

“Karena tahapan pleno penetapan suara akan segera digelar dari tingkat kecamatan sampai kabupaten sampai di provinsi,” ujar dia.

Sementara itu dalam rekapan sementara dari laman KPU Pasangan Calon Bupati Franky Donny Wongkar dan Calon Wakil Bupati Petra Yani Rembang unggu sementara dengan mendapatkan 50,9 persen.

Paslon Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) meraih 37,7 persen dan terakhir Paslon Royke Sondakh-Harits Andri Umboh (Roso-Harum) 11,4 persen. Total suara yang masuk 3.342 atau 37,7 persen.

Seperti diketahui Pilkada Minsel 2020 diikuti tiga paslon. Nomor urut 1 Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela yang diusung Partai Golkar, Nasdem, Demokrat dan PAN.

Paslon nomor urut 2 dari jalur perseorangan atau independen yakni Royke Sondakh dan Harits Andri Umboh.

Paslon nomor urut 3 diusung PDI Perjuangan dan Perindo yakni Franky Donny Wongkar dan Petra Yani Rembang.

Pelaksaan pilkada di Minsel juga mendapat perhatian dari Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs Panca Putra, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donal Philip Rompis, Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb. Abram Robert Tumanduk, dan Dir Polairud Polda Sulut Kombes Edward Indharmawan.

Mereka berkunjung ke daerah ini dengan menggunakan hekikopter. Rombongan ini melakukan peninjauan di TPS 6 Kelurahan Pondang dan TPS 2 Kelurahan Ranomea. Selanjutnya melakukan kunjungan ke Bawaslu Minsel yang diterima Ketua Bawaslu Eva Keintjem.

News Feed