oleh

Hasil Pleno KPU Manado, AARS Unggul 88.303 Suara

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Kota Manado, Kamis (17/12), menetapkan Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) unggul dengan perolehan 88.303 suara.

Penetapan KPU lewat rapat pleno terbuka yang digelar di Hotel Peninsula Manado, Kamis (17/12) sore ditandatangani 5 Komisioner KPU dan 3 saksi pasangan calon nomor urut 1,2,3 serta Bawaslu kota Manado.

Sedangkan saksi Paslon nomor 4, Mursid Lahia tidak menandatangani berita acara penetapan hasil perhitungan suara karena keberatan administrasi.

Informasi yang dirangkum menyebutkan, AARS menang di 11 Kecamatan dan 69 Kelurahan yang ada di Kota Manado dengan presentasi 36,7 %.

Sedangkan Paslon Paula Runtuwene-Harley Mangindaan menempati posisi kedua dengan perolehan 66.730 suara atau 27,7 %.

Diposisi ketiga, Paslon Mor Bastiaan-Hanny Jost Pajouw dengan perolehan 53.090 suara atau 22,1 %.

Sedangkan Paslon Sonya Kembuan-Syarifudin Saafa menempati posisi keempat dengan perolehan 32.224 suara atau 13,4 %.

Data KPU Manado, jumlah suara sah dalam Pilwako Kota Manado berjumlah 240.347. Sedangkan jumlah suara tidak sah 4008 dengan total keseluruhan 244.355 suara sah dan tidak sah.

Dari pantauan, surat keputusan terkait berita acara dan sertifikat penetapan hasil penghitungan suara dari setiap kecamatan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado dibacakan Ketua KPU Manado, Yusuf Wowor.

“Memutuskan menetapkan Paslon nomor urut 1, saudara Andrei Angouw dan Richard Sualang dengan perolehan suara sebanyak 88.303, Paslon Nomor Urut 2 Sonya Kembuan-Syarifudin Saafa dengan perolehan 32.224 suara. Paslon nomor urut 3 Mor Bastiaan dan Hanny Jost Pajouw dengan perolehan 53.090 suara dan Paslon nomor urut 4 Paula Runtuwene-Harley Mangindaan dengan perolehan 66.730 suara,” ujar Yusuf Wowor.

Mendengar rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Manado, Andrei Angouw menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Manado.

“Saya mengucap Syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa yang telah memberikan Saya kesempatan untuk bekerja lebih besar, berbakti bagi tanah air, khususnya untuk Kota Manado tercinta. Dari lubuk hati yang paling dalam Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Kota Manado yang telah memberikan kepercayaan kepada Saya dan Pak Richard Sualang untuk terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Manado 2021-2024. Saya menyampaikan banyak terima kasih secara khusus kepada Ibu Megawati Soekarnoputri dan Bapak Olly Dondokambey yang telah memberikan kepercayaan dan mendukung Saya dan Pak Richard. Terima kasih kepada Orang tua dan seluruh keluarga besar Saya yang sangat mendukung pencalonan Saya. Terima kasih kepada seluruh tokoh agama dan masyarakat yang telah mendoakan Saya dan Pak Richard. Terima kasih kepada para Pengurus, Kader, dan Simpatisan PDI Perjuangan. Kalian HEBAT!!! Terima kasih kepada Tim Kampanye kami, pengurus dan kader Partai Gerindra, para relawan, dan semua pihak yang telah dengan sungguh sungguh dan tampa pamrih berjuang untuk memenangkan Saya dan Pak Richard.l,” urai Andrei Angouw.

“Saya menghimbau kepada para pengurus, kader, relawan, simpatisan dan pendukung Kami untuk tidak Jumawa, dan mohon kepada yang lain untuk lapang dada. Ini adalah awal dari kerja keras kita untuk bekerja membangun kota tercinta. Ini saatnya masyarakat Kota Manado bersatu kembali untuk bersama sama kita membangun Kota Manado tercinta. Nantinya kami akan menjadi Walikota dan Wakil Walikota bagi seluruh masyarakat Kota Manado. Kami akan berkerja untuk seluruh masyarakat Kota Manado. Kepercayaan dari masyarakat ini adalah tanggung jawab besar yang harus kami buktikan dengan bekerja secara sungguh sungguh membangun dan menata Kota Manado tercinta,” urai Andrei Angouw sembari memberi apresiasi kepada para Paslon Pilkada.

“Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada para kontestan Pilkada lainnya: Ibu Sonya dan Pak Syarif, Pak Mor dan Pak Hanny, Ibu Paula dan Pak Harley. Saya mengajak kita semua bersatu membangun Kota Manado tercinta ini. Pilkada sudah lewat, ini saatnya kita kembali kepada tujuan awal kita mengikuti kontestasi pilkada yaitu untuk membangun Kota Manado. Kita berkontribusi membangun Kota Manado di bidang kita masing masing,” tuturnya.

“Saya juga hendak menyampaikan mengenai kondisi kesehatan saya. Pada hari minggu sore saya sakit tenggorokan. Senin pagi saya melakukan tes swab dan Senin sore mendapat hasil bahwa saya positif Covid19. Selasa siang saya demam sedikit sampai suhu 37,8C, sekitar 2 jam. sampai saat ini sudah tidak sakit tenggorokan dan tidak demam, tidak juga bergejala lainnya.

Hasil pemeriksaan CT Thorax kemarin bagus. Saya saat ini melakukan isolasi mandiri. Saya berharap doa dari Ibu/Bapak sekalian agar supaya Saya bisa secepatnya sembuh dari Covid19. Saya juga berdoa dan mohon doa dari Ibu/Bapak sekalian bagi sahabat Saya Bapak Mor Bastiaan, semoga bisa segera sembuh,” pungkasnya.

News Feed