oleh

Bau Badan Mengganggu? Coba Bahan Alami untuk Mengusirnya

-Hype-97 views

LIPUTANMANADO.COM – Bau badan tidak saja menjadi masalah mereka yang memilikinya, namun juga bagi orang di sekitarnya. Selain mengurangi rasa percaya diri, bau badan juga mengganggu orang lain.

Karenanya, orang mencari berbagai cara untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari tubuh, mulai dari memakai minyak wangi, sabun, deodoran, hingga bahan- bahan alami.

Khusus untuk yang terakhir, tidak hanya menghilangkan bau badan, deretan bahan alami ini juga memiliki sejumlah khasiat lain bagi kesehatan.

Bahan-bahan alami seperti daun kemangi yang biasanya disantap sebagai lalapan, ternyata bisa menjadi penghilang bau badan alami. Selain daun kemangi, daun sirih, temulawak, bahkan jahe dan sayuran hijau juga masuk daftar penghilang bau badan alami.

1. Daun sirih
Kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya bau badan.

Tak hanya kaya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang mampu mengusir bau badan secara alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung serta kesehatan kulit.

Selain itu, daun sirih juga dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah risiko diabetes, menyembuhkan luka maupun peradangan, serta meredakan sakit kepala.

Untuk memperoleh khasiat daun sirih sebagai penghilang bau badan alami, kita dapat mengonsumsi air rebusan daun sirih maupun membasuhkannya pada kulit ketika mandi.

2. Daun kemangi
Kandungan senyawa antibakteri dan antiseptik dalam daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan alami.

Meminum rebusan daun kemangi secara rutin 2 kali sehari diyakini dapat menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh.

Selain untuk menghilangkan bau badan, tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai lalapan ini juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan.

Kemangi kerap digunakan untuk mencegah risiko penyakit kanker dan diabetes, menjaga fungsi ginjal, mencegah risiko penyakit dan stroke , meredakan stres, serta menjaga kesehatan kulit.

3. Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang sejak dahulu banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Selain dikenal akan khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, tanaman herbal dengan kandungan saponin, flavonoid, kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral ini juga berfungsi sebagai penghilang bau badan alami.

Selain menghilangkan bau badan, temulawak juga dapat memperlancar pencernaan, mengatasi penyakit sendi seperti osteoarthritis, mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit serta organ dalam tubuh.

4.Jahe
Kandungan minyak atsiri, zingiberena, bisabolena, kurkumen, gingerol, dan felandren dalam jahe berperan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk bau badan.

Selain berfungsi sebagai penghilang bau badan alami, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, mencegah risiko penyakit jantung, mengatasi mual hingga mencegah kanker.

5. Sayuran hijau
Sebuah penelitian mengungkapkan, kandungan klorofil dalam sayuran hijau bermanfaat untuk menghilangkan bau badan.

Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan aroma tubuh tidak sedap antara lain bayam, asparagus, sawi hijau, brokoli, dan kubis hijau.

Tak hanya sebagai penghilang bau badan, sayuran hijau juga bermanfaat untuk mencegah risiko penyebaran sel kanker, menyembuhkan luka, meregenerasi sel darah merah, menjaga kesehatan kulit, dan memperlambat tanda penuaan.

News Feed