Gelar Media Gathering, KPU Sebut Penetapan Paslon Tunggu Surat KPU RI

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggelar Media Gathering bersama wartawan pos liputan KPU Provinsi Sulut. Gathering kali ini mengangkat tema terkait pleno terbuka penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulut 2020.

Kegiatan yang digelar di Convention Hall Hotel NOVOTEL GKIC Kairagi Manado, Selasa (19/01/2021), dibuka secara resmi oleh Komisioner KPU Sulut, Salman Saelangi, serta dihadiri Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Jefler Malonda dan anggota Bawaslu Sulut, Kenlly Poluan.

Malonda yang mendapat kesempatan pertama, ikut membahas soal sengketa pemilu, dimana kata Malonda ada perbedaan soal sengketa pemilu yang diatur dalam UU Pilkada dengan UU Pemilu. Kata Malonda, kadang ada yang salah memahami perbedaan itu.

“Dalam UU Pilkada dikenal musyawarah tertutup dan musyawarah terbuka. Dari hasil evaluasi pasca pelaksanaan Pilkada 2020, di Sulut ada Tiga sengketa yang teregister di Mahkamah Konstitusi (MK), yakni Satu sengketa untuk Pilkada Manado dan Dua sengketa untuk Pilkada Boltim,” ungkap Malonda.

Anggota Bawaslu Sulut lainnya Kenlly Poluan, yang ikut jadi panelis dalam kegiatan tersebut mengatakan, selain pengawasan, pihaknya mendorong semua penyelenggara ad-hok untuk tertib mengadministrasikan hasil pengawasan

“Secara keseluruhan dalam Pilkada 2020 tercatat ada 33 ribu an laporan hasil pengawasan yang ditangani Bawaslu. 700 an kasus diantaranya adalah dugaan pelanggaran pemilu. Laporan banyak yang diselesaikan secara restoratif. Sehingga bisa diselesaikan di lapangan dan tidak dimasukan sebagai dugaan pelanggaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Salman Saelangi selaku pelaksana media gathering menjelaskan bahwa terkait agenda penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut terpilih, KPU Sulut sementara mempersiapkannya.

“Agenda penetapan sementara disiapkan, dan karena ketentuannya harus menunggu surat resmi dari KPU RI, maka hingga saat ini belum bisa dipastikan, karena surat KPU RI belum kami terima. Secara teknis kami sudah siapkan, dimana nanti ada video streeming, karena alasan protokol kesehatan,” tegasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%