oleh

Diguyur Hujan Berintensitas Tinggi, Sebagian Wilayah Tuminting Terendam Banjir

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Tingginya intensitas hujan yang terjadi Jumat (22/01/2021) pagi hingga sore, sebabkan sejumlah wilayah kota Manado terendam banjir, termasuk di wilayah kecamatan Tuminting yang ketinggian air mencapai 70 cm hingga 1 meter.

Dari pantau LIPUTANMANADO.COM di lokasi genangan, genangan yang cukup tinggi terjadi di wilayah kelurahan Tuminting. Sejumlah jalan dan gang terendam banjir sehingga menyulitkan warga untuk mengakses rumah mereka. Beberapa warga yang baru pulang kerja terpaksa meninggalkan kendaraan mereka di tempat yang tidak tergenang air, lalu jalan kaki menerobos genangan air menuju rumah mereka.

Beberapa warga yang rumahnya terendam ketika diwawancarai mengaku musibah banjir semacam ini sudah jadi kebiasaan ketika curah hujan tinggi, sehingga warga pun sudah mengantisipasinya dengan terlebih dahulu menyelamatkan barang dan perabotan mereka ke tempat lebih tinggi agar tidak terendam banjir.

Frangky langie, warga kelurahan Tuminting yang rumahnya terendam banjir mengaku banjir kali ini tergolong tinggi, karena air masuk hingga ke dalam rumah. Angky pun langsung mengamankan barang dan perabotan di rumahnya ke atas kursi dan meja, kecuali mesin pompa air yang sudah terinstalasi dengan pipa air, terpaksa dibiarkan terendam banjir.

“Genangan seperti ini sudah biasa kami alami ketika ada curah hujan tinggi. Namun kali ini lebih tinggi dari beberapa hari lalu, saat banjir ikut menggenangi wilayahnya. Pemerintah kedepan perlu memperhatikan selokan agar air hujan langsung dialirkan dan tidak tergenang,“ ujar Frangky.

Akibat genangan banjir tersebut, ruas jalan Hasanudin, tepatnya di depan pegadaian tuminting dan eks kantor camat tuminting ditutup dan tak bisa dilalui kendaraan. Pengendara dari dan menuju wilayah utara Manado, harus putar arah dan melewati jalan Boulevard II, lalu keluar di jalan samping Gereja Torsina Tumumpa.

News Feed