oleh

Gubernur Olly Hadiri Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulut, di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Selasa (30-3-2021).

Dengan mengangkat tema “Pariwisata Sulawesi Utara Bangkit Menuju Masyarakat Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera”, rakor ini dihadiri oleh Wakil Gubernur, seluruh Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota dan Inspektorat se- Provinsi Sulut.

Menurut Inspektur Daerah Provinsi Sulut Mecky Onibala, dalam laporannya menyampaikan bahwa rakor ini digelar untuk dapat menjadi forum koordinasi dan konsultasi bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) maupun instansi eksternal yang melaksanakan tugas pengawasan.

“Tujuan untuk meningkatkan kesadaran pemimpin daerah, menjalin sinergitas peran BPKP dan Inspektorat daerah, memperoleh kesepamahan dan kesamaan langkah kerja pengawasan APIP, meningkatkan program kapabilitas APIP provinsi sulut,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey memberikan apresiasi atas terselenggaranya rakor tersebut.

“Menjadi kebanggaan kita di sini karena yang hadir dalam kegiatan ini para pengambil keputusan dan tentunya para Stakholder dalam Pengawasan, baik internal maupun eksternal dan ini menjadi tanda suatu hal yang baik,” tutur Gubernur Olly.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai Pejabat Tinggi di Provinsi Sulawesi Utara sesuai arahan dan komitmen bisa berjalan dengan baik dengan apa yang akan kita dapati pada hari ini dari pembicara yakni Kemendagri, KPK dan BPKP,” tambahnya.

Gubernur Olly juga menyampaikan bahwa bukanlah hal yang mudah untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam melengkapi Visi dan Misi para Pejabat di daerah. Dengan adanya kegiatan ini akan dapat membantu bagi para Pejabat yang sedang menjalankan maupun yang sudah menjalankan pemerintahan di daerahnya masing-masing.

Adapun materi yang disampaikan oleh Inspektur I Itjen Kemendagri Bachtiar Sinaga menjelaskan tentang capaian pembangunan Sulut tahun 2020 dan tentang permasalahan umum Pendapatan dan belanja Provinsi, Kabupaten/Kota.

Juga menjelaskan fokus Binwas Kepala Daerah terhadap Perangkat Daerah, tentang fokus pengawasan urusan teknis pariwisata, pengawasan vaksinasi, fokus pengawasan APIP daerah, serta pengawasan keuangan desa.

Selanjutnya Direktur Investigasi BPKP Agustina Arumsari membawakan materi kedua mengenai urgensi pengawalan akuntabilitas keuangan dan Pembangunan Daerah dengan agenda prioritas pengawasan daerah tahun 2021 tentang pengawasan 68 isu tematik di 34 provinsi dan pentingnya rakorwasin di daerah untuk pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan daerah”

Untuk Materi Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata menjelaskan bagaimana peran Kepala Daerah dalam pendidikan anti korupsi dan peran serta Masyarakat dan tentang indeks persepsi korupsi, tindak pidana korupsi di Indonesia dan juga menjelaskan tentang gratifikasi, suap, pemerasan dan 8 program investasi pencegahan korupsi terintegrasi di pemerintah daerah.

Di lanjutkan dengan berintegrasi lewat tanya jawab dari peserta rapat dan acara diakhiri dengan penyerahan cendera mata oleh Pemprov Sulut kepada ketiga Pemateri. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan Komitmen Bersama Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021.

News Feed