oleh

Hadiri Launching ETLE, Wagub Steven Kandouw Siap Suport Polda Sulut

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Wagub Sulut) Steven O.E Kandouw menghadiri acara Launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Presisi Polda Sulut di ruang Catur Prasetya Polda Selasa (23/3/21).

Penerapan ini secara resmi di-launching oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigid Prabowo, di Korlantas Polri Jakarta, dan diikuti secara virtual oleh 12 Polda di Indonesia yang akan menerapkan tilang elektronik Nasional tahap pertama, termasuk Polda Sulut.

Dalam program yang merupakan bagian dari 100 hari kerja Kapolri ini, Polri akan meluncurkan sebanyak 244 kamera ETLE, dan 12.004 CCTV, yang tersebar di 12 wilayah Kepolisian Daerah, yaitu:

1. Polda Metro Jaya (98 titik) 
2. Polda Banten (1 titik) 
3. Polda Jawa Barat (21 titik) 
4. Polda Jawa Tengah (10 titik) 
5. Polda DIY (4 titik)
6. Polda Jawa Timur (55 titik)
7. Polda Lampung (5 titik)
8. Polda Riau (5 titik) 
9. Polda Jambi (8 titik)
10. Polda Sumatera Barat (10 titik) 
11. Polda Sulawesi Selatan (16 titik) 
12. Polda Sulawesi Utara (10 titik)

Dalam kesempatan Kapolda Sulut Nana Sudjana mengungkapkan rasa syukurnya karena wilayah Polda Sulut termasuk salah satu wilayah yang terpilih untuk menerapkan ETLE.

“Hari ini kita mengikuti secara langsung melalui virtual launching ETLE secara nasional yang dipimpin langsung oleh Bapak Kapolri, dan kita perlu bersyukur bahwa Polda Sulut merupakan 1 dari beberapa Polda yang akan menerapkan hukum lalu lintas melalui ETLE,” tuturnya.

Di era 4.0 ini, Kapolda Nana berharap keberadaan ETLE dapat merubah budaya berkendara yang lebih disiplin serta menunjang adanya pembangunan kota dengan konsep “smart city” yang ditunjang dengan teknologi informasi.

Lebih lanjut Kapolda Nana mengatakan bahwa saat ini ETLE di Sulut masih terfokus di Kota Manado, namun demikian kedepan ia berharap ini dapat diperluas ke kabupaten/kota yang lain di jajaran Polda Sulut.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berperan membantu terwujudnya ETLE ini.

“Terima kasih atas bantuan, kerja sama dan partisipasi yang diberikan oleh Pemprov Sulut dan jajaran serta Walikota Manado sehingga kita bisa ikut launcing tahap pertama,” tandasnya.

Sebelumnya, ada sapaan lambaian tangan dari Kapolri kepada Wakil Gubernur dan Kapolda serta para undangan launcing yang diikuti secara Virtual.

Mengawali sambutannya, Wagub Steven Kandouw menyampaikan apresiasi kepada Polda Sulut yang langsung menerapkan ETLE tersebut.

“Saya bersyukur, bangga, salut, bravo kepada Polda Sulut karena sudah langsung mengimplementasi, mengaplikasikan bahkan menerapkan melalui pencanangan ETLE ini,” ucapnya.

“Pemerintah Provinsi sangat berterima kasih dan salut kepada jajaran Polda Sulut yang sudah melaksanakan program ini. Dengan adanya program ini, yang paling merasakan dampaknya adalah Pemprov Sulut dalam hal ini Dinas Pendapatan Sulut, ” tambahnya.

Karena menurut Wagub Kandouw, program tersebut secara langsung dapat mengidentifikasi wajib pajak yang belum melaksanakan kewajibannya, sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu Pemerintah Provinsi Sulut akan terus membantu dan bersinergi dengan Polda Sulut. Dan sesuai arahan Gubernur Olly Dondokambey, guna lebih mengoptimalkan pelaksanaannya, Pemprov Sulut wajib menerapkan ini dan diimplementasikan di 15 kabupaten/kota.

“Kami siap apabila ada kekurangan-kekurangan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara siap membantu,” pungkasnya.

Di akhir acara mendapatkan piagam penghargaan untuk Dinas Perhubungan Daerah Prov. Sulut diterima Kadis Linda Watania.

Dilanjutkan Penandatanganan Kerjasama Bid. Lalu Lintas antara lain Walikota Manado Vecky Lumentut.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Prov. Sulut Pangdam, Danrem, Kajati, Wakil Pengadilan, Wakapolda dan Jajaran, Kapolres, Pejabat terkait Pemprov serta secara virtual Walikota/Wawali, Bupati/Wabup, Forkopimda Kab/Kota dan pejabat terkait lainnya di 15 Kab/Kota. (Dkips/ik)

News Feed