oleh

JS Sukses Gelar Konsolidasi Organisasi Alumni GMNI

LIPUTANMANADO.COM, MANADO – Konsolidasi organisasi Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA-GMNI) di wilayah Nusa Utara, (Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Sitaro) sukses digelar.

Sukses konsolidasi organisasi kaum Pejuang Pemikir – Pemikir Pejuang ini ditandai dengan dikukuhkannya tiga dewan pengurus cabang PA GMNI di wilayah Nusa Utara, dalam forum Konferensi Cabang (Konfercab) bersama PA GMNI Talaud, PA GMNI Sangihe dan PA GMNI Sitaro, yang digelar di Hotel Jakarta, Ulu Siau, Kepulauan Sitaro, Selasa (13/04/2021).

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PA GMNI Provinsi Sulawesi Utara, James Sumendap SH (JS), yang punya andil besar dalam suksesnya Konfercab ini dalam sambutan dan arahannya berpesan kepada segenap kader dan anggota PA GMNI agar mengatualisasikan ide dan pemikiran pendiri bangsa Bung Karno dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Sebagai organisasi kader Pejuang Pemikir – Pemikir Pejuang, yang secara ideologis mewarisi pemikiran Bung Karno, maka keharusan sejarah bagi kita untuk mengaktualisasikan pemikiran Bung Karno dalam setiap langkah juang membangun bangsa,” pesan Bung James kepada peserta Konfercab dan seluruh kader dan anggota PA GMNI Sulut.

Kader Soekarnois yang dikenal sebagai Bupati Minahasa Tenggara ini ikut mengungkap sejarah Kota Ulu Siau yang menjadi tempat pertama di wilayah Sulut yang dikunjungi Bung Karno pasca kemerdekaan. Dari situ lahirlah beberapa tokoh yang kental dengan ajaran Bung Karno, antara lain Esly Salekede.

Momentum konfercab yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sitaro, Jhon Palandung, ikut diisi oleh pemaparan materi penguatan pemahaman ideologi serta sejarah oleh Dua orang Senior yang sudah dianggap sebagai guru ideologi bagi kader-kader GMNI yakni Bung Herman Kodoati dan Bung Dr. Elian Pangkey. Keduanya secara lugas memaparkan materi masing-masing.

Seperti diketahui, JS sapaan akrab James Sumendap sebelumnya sudah berhasil menggelar konsolidasi organisasi PA GMNI di wilayah Minahasa yang dipusatkan di Minahasa Tenggara beberapa waktu lalu.

Dalam konfercab itu, James Sumendap ikut menetapkan dewan pengurus cabang Talaud, Sangihe dan Sitaro, hasil musyawarah mufakat yang demokratis, dimana secara simbolis, Bung James menyerahkan pataka organisasi kepada Ketua Talaud, Bung Pengasihan Susanto Amisan S.IP, Ketua Sitaro, Bung Norbert Anton Sakendatu S.IP dan Ketua Sangihe.

Konfercab juga melahirkan rekomendasi dukungan terhadap Bung James Sumendap SH untuk kembali menjadi Ketua PA GMNI Sulut periode selanjutnya. Rekomendasi itu secara lantang dibacakan oleh Ketua PA GMNI Talaud, Bung Susanto Amisan di depan peserta Konfercab dan tamu undangan.

News Feed