oleh

Polimdo Gelar PKM di Kabupaten Mitra, Ajarkan Cara Pengolaan Limbah Plastik Hingga Beri Bantuan

LiputanManado.com-Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar kegiatan Progran Kemitraan Masyarakat (PKM) Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Guna Peningkatan Ekonomi Kreatif di Desa Minanga Timur Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara(Mitra).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim PKM Politeknik Negeri Manado yang terdiri dari Ketua Dr Steve WM Supit ST, MEng (Jurusan Teknik Sipil), anggota Priyono SST MT (Jurusan Teknik Mesin) dan Arief Kumaat SE MM (Jurusan Administrasi Bisnis) dengan hibah pendanaan kegiatan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Dr Steve WM Supit ST, MEng kepada wartawan Senin (7/6/2021) mengatakan tujuan kegiatan adalah dalam rangka menghilirisasi hasil penelitian berupa alat destilasi pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak. Nantinya akan dimanfaatkan oleh kelompok sosial masyarakat yang ada di Desa Minanga Timur.

“Selain itu kegiatan ini memberikan pelatihan keterampilan pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan tangan yang dapat dijadikan souvenir oleh masyarakat Desa Minanga Timur guna menunjang kegiatan pariwisata di Kec. Pusomaen” ujar dia.

Menurut dia kegiatan tersebut sudah dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2021. Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Minanga Timur yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021.

Dia menambahkan acara itu dihadiri dan dibuka oleh Kepala Kecamatan Pusomaen Feki Pontororing. Selain itu hadir pula Kepala Bidang Persampahan, Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mitra Deddy Siwi.

Kemudian Hukum Tua Desa Minanga TimurFrans Lontaan, kelompok PKK dan wakil masyarakat Desa Minanga Timur.

Netty Lintong-Pelle sebagai nara sumber pelatihan keterampilan kerajinan dari limbah plastik serta hadir pula mahasiswa dari Politeknik Negeri Manado Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Mesin.

Diharapkan agar dari kegiatan ini dapat memberi solusi penanganan sampah khususnya sampah plastik dan menjadikan Desa Minanga Timur sebagai desa percontohan dan menjadi pusat pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar.

Bahkan menjadi pusat kerajinan tangan dari limbah plastik yang dapat secara tidak langsung dapat meningkatkan kreativitas kelompok sosial yang ada dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Pada acara pembukaan ini diserahkan juga tempat sampah dan perlengkapan pembuatan kerajinan tangan untuk dimanfaatkan oleh kelompok yang ada.

Kegiatan ini akan dievaluasi melalui pelaksanaan pameran hasil produk kelompok sekaligus dengan survey sebagai bagian tindak lanjut dari penyerahan alat dan pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh Tim Pelaksana.

Akan dilaksanakan juga kegiatan pelatihan teknik promosi produk usaha dengan konsep digital dengan nara sumber dari Tim PkM Polimdo.

Pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Pusomaen terlebih khusus Desa Minanga Timur menyambut baik dan berterima kasih atas kegiatan ini dan mengharpkan agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan juga di desa-desa sekitar guna meningkatkan ekonomi kreatif penunjang pariwisata di Kabupaten Minahasa Tenggara.


Tim PkM juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Politeknik Negeri Manado atas dukungan yg diberikan dalam kegiatan ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed