oleh

Meidy Sensei Ajarkan Pengenalan Huruf Hiragana Dengan Teknologi Multimedia Untuk Mahasiswa

LiputanManado.com-Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Prodi Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Bisnis menggelar Pengabdian Diseminasi Produk Teknologi Tahun 2021 kepada 18 mahasiswa Bahasa Jepang Semester Dua.

Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Martine Lapod SE MSi melalui Ketua Pengusul Pengabdian Diseminasi Produk Teknologi Polimdo Tahun 2021 Meidy Wollah, S.Pd., M.Pd, mengatakan kegiatan sudah dilaksanakan pada Selasa (15/6/2021).

Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Manajemen Pemasaran menggelar Pengabdian Diseminasi Produk Teknologi Polimdo Tahun 2021

Meidy Wollah mengatakan bahwa produk teknologi berupa multimedia ini adalah perangkat lunak, yang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. Ini bertujuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan dan pembelajaran pada mahasiswa.

“Multimedia ini merupakan sebuah model pembelajaran huruf hiragana, yang telah dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan Macromedia Flash untuk yang menyusun animasi dan Photoshop dalam pembuatan gambar huruf hiragana,” kata Meidy Sensei didampingi anggota Lietje Lumatauw, S.Th, M.Th, Selasa (22/6/2021).

Pada pembelajaran modern ini lanjut Meidy Wollah baik pengajar maupun pembelajar, tidak hanya menggunakan buku-buku teks dan gambar sebagai media pembelajaran. Tetapi saat ini sudah menggunakan media seperti, komputer, LCD dan elektronik lainnya.

Kajur Administrasi Bisnis Martine Lapod, SE MS.I

Multimedia dalam penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan teks, gambar, suara dan video dalam suatu jaringan dan alat-alat yang memungkinkan pengguna untuk bernavigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi.

Sejalan dengan perkembangan zaman di era globalisasasi serta kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, khususnya dalam bidang pendidikan. Maka pembaharuan dalam lembaga pendidikan harus segera dilakukan, demi terciptanya pendidikan yang terarah, bermutu dan berkualitas.

Meidy Wollah, S.Pd., M.Pd dan Lietje Lumatauw, S.Th, M.Th

Untuk menghasilkan penddikan yang berkualitas, diperlukan manajemen yang baik dan terarah yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Pendidikan bahasa Jepang dalam hal ini pengenalan huruf hiragana sangat penting karena salah satu tulisan dari bahasa Jepang yang harus diperkenalkan kepada mahasiswa untuk menjadi salah satu bekal pada bahasa Jepang nanti.

Seluruh huruf hiragana melambangkan semua suara yang muncul di bahasa Jepang. Dalam pengabdian ini, tim pengabdian kami mengadakan pengabdian berupa produk teknologi untuk mengimplementasikan pengenalan huruf hiragana model kakijun terhadap mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado.

Mahasiswa Jurusan AB Prodi Manajemen Pemasaran

“Tugas ketua pengabdian adalah mempersiapkan produk teknologi untuk dibagikan, mempresentasikan, mengimplementasikan produk teknologi terhadap mahasiswa, membuat Jurnal nasional dan HKI, mempersiapkan kegiatan untuk di YouTube P3M Polimdo,” ujar Meidy Wollah.

Selanjutnya tugas anggota mengawas dalam presentasi produk dan membagikan, mengumpul data-data untuk persiapan kegiatan pengabdian di You Tube p3m Polimdo, membantu membuat laporan.

Tujuan umum dari Desiminasi Produk Teknologi Ke Masyarakat, yaitu pertama Untuk memfasilitasi produk teknologi tulisan hiragana model kakijun dari hasil penelitian lalu dan pengembangan kepada mahasiswa. Kedua untuk meningkatkan iptek melalui tulisan hiragana model kakijun.

Ketiga untuk meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk tulisan hiragana model kakijun berbasis iptek.

Sensei Meidy Wollah, S.Pd

Keempat untuk memperkuat jaringan antara institusi dan penghasil teknologi tulisan hiragana model kakijun dan pengguna iptek yaitu mahasiswa. Kelima Untuk meningkatkan kesejahteraan pengguna iptek.

Tujuan Khusus, untuk mempercepat diseminasi dan pemanfaatan produk teknologi tulisan hiragana model kakijun yang potensial dari hasil penelitian ke pengguna iptek yaitu mahasiswa.

“Kegiatan pengabdian ini memberikan hasil luaran yang baik dan berdampak positif bagi peserta,” pungkas Meidy Wollah.

News Feed