oleh

Arthur Kotambunan Jadi Pembicara Kegiatan Literasi Media KPID Sulut

LiputanManado.com-Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara kbali melaksanakan kegiatan Literasi Media di Hotel Formosa, Jumat (25/6/2021).

Tujuannya memberikan wawasan baru bagi stakeholder untuk dapat terlibat secara partisipatif dalam pengawasan konten siaran di lembaga penyiaran di wilayah Sulut. Kegiatan diikuti perwakilan tokoh agama, pemuda, lembaga, media dan undangan lainnya.

“Maksud dan tujuan literasi media ini yaitu membagi pengetahuan kepada pelajar mengenai konten siaran yang sehat, cara mengenalinya, serta mendorong pelajar untuk cerdas dalam memilih konten siaran yang dikonsumsi,” ujar Kordinator Bidang Kelembagaan KPID Sulut, Pengasihan Amisan S.IP.

Tema yang diangkat yakni Literasi Media Sinergitas KPID Bersama Stakeholder Dalam Upaya Mewujudkan Siaran Sehat Bagi Rakyat Menuju Sulut yang Semakin Hebat dan Maju.

Hadir sebagai pembicara anggota DPRD Sulut Arthur Kotambunan. Dia mengatakan literasi media adalah kemampuan kita memahami media itu seperti apa.

“Apa sih peran KPID dalam mencerahkan masyarakat. Fungsi untuk mengawasi konten-konten yang ada,” kata dia

Politisi PDI Perjuangan ini memberikan contoh hoaks tambang emas di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Berita hoaks itu beredar di blog-blog, Youtube dan siaran televisi.

“Informasi yang beredar bahwa tambang emas ini sudah masuk di Sangihe, padahal sebenarnya belum. Kalau masyarakat tidak mampu memilah itu bahaya sekali,” tandas dia.

“PT Tambang Emas Sangihe belum beroperasi sampai sekarang. Ini informasi yang kredibel dari pemerintah provinsi,” ujarnya lagi.

Masyarakat juga harus mengawasi konten-konten negatif seperti di televisi. Jika merasa janggal, silakan melaporkan kepada KPID Sulut.

Arthur Kotambunan juga mengatakan di satu sisi pemerintah akan juga mengawasi kinerja KPID Sulut.

Kegiatan ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19.

Hadir dalam acara itu Wakil Ketua KPID Sulut Boy Sondakh dan dua anggota komisioner lainnya.

News Feed