oleh

Sukses Giat Expedisi Merah Putih, Wujud Nyata Sinergitas Lanal dan Pemkab Talaud

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Akhir pekan dipenghujung bulan Agustus 2021 nampak sesuatu yang tidak biasa di pulau Miangas, pulau kecil terluar di beranda utara NKRI.

Setelah kedatangan Letkol Marinir Adi Sucipto yang memimpin prajurit matra laut dari Lanal Melonguane beserta Tim Gabungan Ekspedisi Merah Putih merajut pulau kecil terluar di beranda Utara NKRI dengan menggunakan KAL P.Karakelang II-8-30 dan Searider.

Tim Ekspedisi Merah Putih tersebut terdiri dari Pemkab Talaud, unsur TNI/Polri, Bea Cukai, Karantina, serta puluhan Nakes gabungan dari Lanal Melonguane dan Dinas Kesehatan.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto menyampaikan bahwa terdapat banyak makna penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

“Kedatangan Tim Ekspedisi Merah Putih Merajut Pulau Kecil Terluar di beranda Utara NKRI dengan KAL P.Karakelang II-8-30 dan searider yang mengibarkan Bendera besar memiliki makna bahwa Kedaulatan NKRI harus terus dijaga dan jiwa Nasionalisme harus terus dipelihara dan ditingkatkan terutama di wilayah-wilayah perbatasan,” ucap Danlanal.

Danlanal juga menjelaskan, di pulau Miangas kita akan melaksanakan serbuan Vaksinasi kepada ratusan masyarakat Miangas bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Talaud dalam hal ini Dinas Kesehatan serta memberikan bantuan sosial kepada warga Miangas.

“Serbuan Vakinasi menandakan bahwa TNI Angkatan Laut beserta pemerintah serius dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sampai ke wilayah-wilayah perbatasan yang terletak sangat jauh dari pusat pemerintahan,” pungkas Danlanal.

Diketahui selain kegiatan Vaksinasi dan bansos kepada warga masyarakat, ada juga rangkaian kegiatan yang lain seperti Pembentangan Bendera Merah Putih di Tanjung Jokowi serta pemancangan Bendera di dua titik koordinat Batas Laut NKRI.

Sementara itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kepuluan dalam hal ini Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Daud Malensang, S.Sos mengatakan, Pemda sangat mensuport dengan adanya agenda ini merupakan penanaman nilai bagi seluruh warga masyarakat Perbatasan.

“Bagaimana mencintai NKRI sehingga tidak ada susupan paham radikalisme atau tidak ada orang-orang yg mencoba mengganggu yang bisa berdampak pada rasa kebersamaan sebagai warga Negara,” jelas Malensang.

Tampak ikut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Danguskamla Koarmada II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya, Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya selaku Komandan Lantamal VIII Manado, Kadis Pariwisata Steven Maarisit, dan Forkopicam Miangas serta Seluruh masyarakat. (*/hdr)

News Feed