oleh

Pemuda Pancasila Manado Kembali Beraksi untuk Penanganan Covid-19

LiputanManado.com-Pemuda Pancasila Manado terus bergerak untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Manado yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bantuan yang dilakukan oleh ormas nasional yang diketuai Bung Japto Soerjosoemarno ini yakni, penyemprotan disinfektan ke sejumlah tempat-tempat umum, rumah ibadah, pembagian sembako dan masker serta memberikan edukasi tentang protokol kesehatan terhadap masyarakat.

Hal itu disampaikan Koordinator Relawan Gugus Tugas Cabang (GTC) Task Force Covid-19 Pemuda Pancasila Manado, Fredy Rasubala bersama Decky Maskikit saat rapat koordinasi yang di langsungkan di Posko Komando Jalan Piere Tendean Boulevard.

Peran serta Pemuda Pancasila dalam membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19 sudah dilakukan hampir 1,5 tahun ini, semenjak covid-19 hadir. Kegiatan sosial dalam aksi kemanusian tidak pernah berhenti. Ujar Fredy.

Menurut dia, aksi kemanusiaan tahap selanjutnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni penyemprotan disinfektan dirumah ibadah, pasar, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu juga pembagian masker, sembako berupa beras, vitamin dan lainnya. Tak kalah penting, relawan PP juga diterjunkan untuk memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, berupa pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

“Aksi selanjutnya akan dilakukan Pemuda Pancasila berkolaborasi dengan Indika Foundation lewat kegiatan-kegiatan yang terintegrasi dengan Gugus Tugas Nasional dimana GTC Manado dipercayai oleh Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Sulut yang juga mendapatkan dukungan penuh pemerintah.” ucap Fredy yang merupakan Komandan Komando Inti Mahatidana Manado

Pemuda Pancasila berharap wali kota bisa melepas 22 relawan yang akan diterjunkan ke masyarakat pada pertengahan September mendatang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kota Manado dalam hal ini Kepala BPBD dan kedepannya akan melakukan koordinasi bersama walikota Manado, barangkali ada yang mau dititipkan, kami siap mendistribusikan,” cetusnya.

Diketahui pada Senin (6/9/2021) Relawan Pemuda Pancasila Manado mendapatkan Bimbingan Teknis dari Gugus Tugas Nasional melalui virtual yang berlokasi di Posko Komando dan diikuti oleh MPW PP Sulut, MPC PP Manado, Kepala BPBD Manado dan para Relawan GTC.

Wisnu Setyo Nugroho yang membidangi program aksi dalam Gugus Tugas Nasional menjelaskan bahwa dilakukannya Bimtek ini agar relawan tidak salah sasaran saat melakukan penyemprotan disinfektan, dan selalu terapkan protokol kesehatan terutama pakai masker dalam penyaluran sembako dan kegiatan sosial yang dilakukan.

“Sebelum memulai aksi, pastikan kita ada dalam kondisi yang sehat. Jangan sampai kita yang melakukan kegiatan pencegahan kemudian kita yang tertular covid-19, makanya harus patuh pada standar operasional prosedur. ” himbau Wisnu disela-sela Bimtek berlangsung.

News Feed