oleh

Evaluasi Serapan Dana Desa, Bupati E2L Sentil Kualitas SDM Perangkat Desa

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Bupati Kepulauan Talaud, dr. Elly Engelbert Lasut, ME (E2L) bersama Wakil Bupati Talaud Drs. Moktar Arunde Parapaga (E2L-MANTAP) pada Sabtu (02/10/2021) pagi mengundang para Camat dan Kepala Desa, serta Pendamping Dana Desa se Kepulauan Talaud.

Rapat yang digelar di Wanala T2 Melonguane itu membahas soal evaluasi penyerapan Anggaran Dana Desa Trimester III. Sekaligus sebagai upaya pemerintah daerah meningkatkan kinerja dan tatah kelolah administrasi keuangan desa.

Menurut Bupati E2L, dari hasil evaluasinya, ditemukan penyerapan Dana Desa ditiap-tiap desa masih relatif kurang. Hal ini disebabkan kualitas kerja dan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) bagi perangkat Desa yang dianggap “belum mampu” untuk mengelolah keuangan Desa.

“Seharusnya perangkat desa yang menduduki jabatan Sekretaris Desa, Kepala Urusan dan Kepala Seksi, itu benar-benar memiliki kapasitas dan kapabilitas serta kemampuan menguasai Teknologi Informasi, antara lain perangkat Komputer,” tegasnya.

Bupati Elly Lasut pun berujar, untuk menjawab permasalahan SDM perangkat Desa yang rendah, maka rekrutmen perangkat Desa ke depan mesti diseleksi dengan baik, termasuk tes kemampuan menggunakan atau menguperasikan perangkat teknologi, seperti komputer.

“Hal ini dimaksudkan agar ke depan perangkat desa benar-benar bekerja secara efektif dan efisien. Apalagi mereka yang menduduki jabatan sebagai Pengelolah Pelaksana Keuangan Desa (PPKD) mesti paham akan aturan dalam pelaksanaan administrasi keuangan desa,” ujar Bupati dalam arahanya. (hdr)

News Feed