oleh

Para Camat di Talaud Diperintahkan Segera Tuntaskan Rekrutmen Perangkat Desa

-Talaud-583 views

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Pasca penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak di sebagian besar Desa di Kepulauan Talaud, kini Pemerintah Desa yang baru dilantik disibukkan dengan rekrutmen calon perangkat desa di masing-masing desa.

Terkait proses seleksi calon perangkat Desa ini, Bupati Talaud dr. Elly Engelbert Lasut, ME langsung memerintahkan para Camat yang baru dilantik agar segera memfasilitasi proses penjaringan dan penyaringan perangkat Desa.

“Mengingat sudah tak lama lagi akan mengakhiri tahun anggaran 2021 dan masuk tahun 2022, sementara penyerapan anggaran dana desa di setiap desa belum terserap secara maksimal, termasuk soal laporan pertanggung jawaban, maka perintahkan para Camat agar segera menfasilitasi proses rekrutmen perangkat desa, supaya cepat selesai,” tegas Bupati.

Menurut Bupati fenomenal karena Tiga kali dilantik sebagai Bupati Kepulauan Talaud ini, bahwa salah satu faktor penyebab keterlambatan penyerapan anggaran akibat rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa, terutama dalam pemanfaatan teknologi komputer.

“Saya berharap paling lambat Desember 2021 rekrutmen perangkat Desa sudah selesai. Dan tidak ada alasan untuk ditunda-tunda lagi. Sebab anggaran telah mengendap di kas daerah sebanyak 33 miliar dana transferan belum terserap,” tandasnya.

Seperti diketahui mekanisme dan proses penjaringan dan penyaringan calon perangkat Desa didasarkan pada ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 67 Tahun 2017. (hdr)

News Feed