oleh

Lima Fraksi DPRD Sulut Setujui RAPBD 2022

Liputan Manado.com– Badan Anggaran (Banggar) DPRD provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sulut rampung melakukan rapat pembahasan terkait Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) untuk tahun anggaran 2022, pada Selasa (16/11/2021).

Pada akhirnya, pembahasan tersebut disetujui lima Fraksi di DPRD Sulut yaitu Fraksi PDIP, Fraksi Nasdem, Fraksi Golkar, Fraksi Nyiur Melambai dan Fraksi Demokrat. Selanjutnya mereka akan membahas RAPBD menjadi APBD 2022.

Usai Fraksi menyampaikan pendapat, pelaksana harian Sekprov Sulut Asiano Gammy Kawatu uang juga sebagai ketua TAPD Pemprov Sulut memberikan apresiasi, karena proses pembahasan RAPBD TA 2022 berlangsung baik.

“Penuh dinamika tetapi hasil akhir pembahasan ditujukan bagi kemaslahatan masyarakat banyak,” ujar Kawatu.

Dia juga mengatakan bahwa apa yang sudah dibicarakan antara Banggar dan TAPD bisa menjadi komitmen bersama.

“Di dalamnya ada konsisten juga dan kami pemerintah provinsi akan melaksanakan. Tentu, ketika kami mendapat arahan dari Gubernur Bapak Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Bapak Steven Kandow, SE,” ucapnya.

Berbagai masukan yang terungkap saat rapat berlangsung telah dipahami pihak TAPD.

Menurut Kawatu peran DPRD lewat Banggar sangat dibutuhkan.

“Tanpa bantuan, saran, pendapat, dan pandangan dari Badan Anggaran akan sulit kita memparipurnakan RAPBD yang sudah kita rancang sesuai dengan payung hukum yang namanya RPJMD termasuk aturan lainnya yang membingkai APBD,” ungkap Kawatu.

Ketua DPRD Sulut, dr. Fransiscus Andi Silangen sekaligus sebagai Ketua Banggar mengaku bila pembahasan RAPBD kali ini sangat luar biasa.

“Karena sudah berlangsung dengan baik tanpa mengurangi kualitas,” sebutnya.

Diketahui, RAPBD TA 2022 akan diparipurnakan hari ini sekitar pukul 10.00 wita di gedung DPRD Sulut

News Feed