oleh

Asisten Ekbang Setda Talaud Sosialisasi Cinta Rupiah, Bersama Bank Indonesia

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Bank Indonesia (BI) bersama Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi cinta bangga serta paham rupiah, di Aula Setda Kabupaten Kepulauan Talaud, pada Rabu (16/03/2022).

Mewakili Pemda Talaud, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Leida Dachlan, MM. dalam Sosialisasi edukasi cinta bangga dan paham rupiah ini kepada ASN dilingkup Pemda Talaud. Sementara itu Maychel. M. Rorie Kepala Seksi Pengelolahan Uang Bank Indonesia (BI) di Sulawesi Utara (Sulut).

Usai sosialisasi Asisten II menyampaikan kepada awak media, “Pemerintah Daerah menyambut baik sosialisasi ini, yang diselengarakan Bank Indonesia (BI) bersama Bank Sulut GO Cabang Melonguane. Kita berharap dari sosialisasi ini, masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud, akan lebih mengenal dan mencintai Rupiah. Selama ini kita hanya mengetahui uang itu hanya selaku alat tukar atau transaksi.

“Yang sebenarnya kita semua memiliki tangung jawab yang besar tentang Rupiah. Dari sosialisasi tadi kita semua lebih tau mencintai, mengunakan serta menjaga rupiah dengan baik. Kita juga bisa mengunakan rupiah sebagai alat pemersatu bangsa. Karena rupiah juga merupakan harga diri bangsa Indonesia,” ungkap Dachlan.

Disisi lain, Perwakilan Bank Indonesia (BI) menyampaikan, “Cinta rupiah berarti kita harus mengetahui keaslian rupiah terlebih dahulu, lalu kita merawatnya, dan mencintai rupiah. Kedua yaitu, bangga rupiah. Rupiah adalah simbol negara. Rupiah adalah satu-satunya mata uang yang sah digunakan untuk bertransaksi di negara Indonesia. Dengan begitu maka kita harus bangga pada rupiah. Karena rupiah harga mati,” singkat Rorie.

Diketahui, Bank Indonesia merupakan Bank Sentral Indonesia. Sebagai lembaga negara, Bank Indonesia memiliki tujuan yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah. Dengan itu, Bank Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mengikuti kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Cinta Rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Dengan menjaga dan merawat Rupiah, ciri keaslian Rupiah menjadi mudah dikenali dan menghindari peredaran uang palsu dan tidak layak edar.

Bangga Rupiah ditunjukkan dengan menggunakan Rupiah di setiap transaksi. Dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah.

Paham Rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi Rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya. Misalnya dengan bertransaksi dan berbelanja dengan bijak, berhemat, dan berinvestasi. (hdr).

News Feed