oleh

Saweduling Kukuhkan 83 Kelompok Tani di Beo Utara

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Talaud Melksion Saweduling MM ME mengukuhkan 83 kelompok tani (poktan) di Kecamatan Beo Utara, Rabu (13/4/2022).

Pengukuhan ini menurut dia bersifat strategis dan penting, guna mempersiapkan kelompok tani dalam memperkuat sektor ketahanan pangan di Bumi Porodisa.

“Perlu diketahui juga, pemberian bantuan dan subsidi pemerintah nantinya akan lebih diarahkan pada poktan. Salah satu poin verifikasi pemberian bantuan pemerintah ialah harus memiliki sertifikat pengukuhan kelompok seperti ini. Jadi kedepanya tidak ada lagi istilah kelompok dadakan,” ujar Saweduling dalam arahannya.

Saweduling menjelaskan, setelah dikukuhkan maka poktan akan masuk dalam registrasi data hingga di tingkat pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian.

Pada kesempatan yang sama Kadis Saweduling juga menantang para poktan yang ada untuk segera action dan berpacu dengan kegiatan masing-masing.

Diketahui, satu dari 83 poktan yang ada di Wilayah Beo Utara telah naik tingkat menjadi kelas lanjut sedangkan 82 lainnya masih pada status kelas pemula. Dan 83 poktan tersebut berasal dari enam desa dan dua kelurahan di Kecamatan Beo Utara.

“Harapannya keberadaan poktan akan semakin memperkuat ketahanan pangan di Talaud dengan komoditi pangan lokal dan juga menyukseskan agribisinis jagung seperti program Pak Bupati E2L dan Pak Wabup Moktar Parapaga,” tukasnya. (hdr).

News Feed