oleh

Pemkab Kepulauan Talaud Siap Dukung Peluncuran Gerbangdutas 2022 di Miangas

LIPUTANMANADO.COM, TALAUD – Dalam rangka mendukung agenda Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud menyambangi Kantor Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Jakarta, Selasa (26/04/2022).

Didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Sulawesi Utara, Jeti Pulu, dan Kepala BPPD Kabupaten Kepulauan Talaud, Femi Unsong, Bupati Kepulauan Talaud, dr. Elly Engelbert Lasut, ME menyampaikan terima kasih kepada BNPP atas pemilihan lokasi Peluncuran Gerbangdutas 2022 yang rencananya akan digelar di Melonguane, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pulau Miangas, salah satu Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) di Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Pemkab Kepulauan Talaud bersyukur sekali, ini ada acara selevel nasional yang bisa dilaksanakan di Melonguane. Tentunya kita akan mempersiapkan dengan optimal di sana,” ucap Bupati Elly.

Elly berharap kegiatan Peluncuran Gerbangdutas 2022 dapat mendukung percepatan pembangunan di wilayahnya serta menjadi sarana promosi beragam potensi unggulan daerah untuk mendorong perekonomian lokal.

Salah satu potensi yang cukup menjanjikan di Talaud ialah segitiga kawasan perbatasan yang meliputi Pulau Miangas, Kepulauan Nanusa, dan Gemeh di Pulau Karakelang. Kawasan ini memiliki potensi besar di bidang industri agrikultur, industri perikanan, dan pariwisata. 

Berdasarkan data karantina perikanan tahun 2021, Kabupaten Kepulauan Talaud memiliki potensi penangkapan ikan hingga 600 ton. Nilai potensi ini termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia.

Sayangnya, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal karena kegiatan ekspor perikanan saat ini hanya bisa dilakukan melalui Pelabuhan Bitung dan Pelabuhan Surabaya di Pulau Jawa Timur yang jaraknya cukup jauh dari Kepulauan Talaud.

Karena itu, E2L berharap pelaksanaan Gerbangdutas 2022 dapat membuka jalan bagi pihaknya untuk melakukan koordinasi terkait peninjauan ulang Border Trade Agreement (BTA) 1974 Indonesia-Filipina oleh Kementerian terkait, demi mendukung perdagangan antarnegara di kawasan perbatasan melalui Kabupaten Kepulauan Talaud,” ucap Elly.

Selain itu, Bupati Elly juga menawarkan beberapa agenda kegiatan yang dapat dilakukan dalam Peluncuran Gerbangdutas 2022, diantaranya peresmian proyek pembangunan gedung pemerintahan serta kunjungan ke Festival Mane’e (penangkapan ikan secara adat) di Pulau Kakorotan dan Gua Arangka di Pulau Karakelang.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menyambut baik kedatangan rombongan Pemkab Kepulauan Talaud. Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan Pemkab Kepulauan Talaud dalam persiapan kegiatan ini. Restuardy berharap agenda Peluncuran Gerbangdutas 2022 di Melonguane dapat terselenggara sesuai rencana, yakni pada 23-25.” (hdr).

News Feed