oleh

Bupati Talaud E2L Bahas BIMP-EAGA Bersama Konsul Jenderal Angelica Escalona Fhilipin

LIPUTANMANADO.COM – BIMP-EAGA kepanjangan dari Kerjasama Sub-Regional Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area.

BIMP-EAGA merupakan kerja sama pemulihan ekonomi, sebagaimana sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-14 BIMP-EAGA secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Oktober 2021 lalu.

Selain itu, dikutip dari situs Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, BIMP-EAGA merupakan kerjasama Sub-Nasional antara daerah-daerah di 4 negara yang berdekatan, yaitu 15 Provinsi di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia, 3 negara bagian Malaysia di Kalimantan Utara, seluruh negara Brunei Darussalam dan 28 Provinsi di kepulauan Mindanao dan Palawan Filipina.

Dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-14 BIMP-EAGA secara virtual itu, dapat dipahami bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu daerah di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara, yang masuk dalam program Kerjasama Sub-Regional Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) seperti disampaikan Cosulate Gereral Filipina di Manado.

Konsulat Jenderal mengharapkan kerjasama yang lebih erat dengan Kabupaten Kepulauan Talaud, termasuk menyambut kunjungan Bupati Talaud Elly Lasut ke Mindanao untuk bertemu perwakilan dari sektor publik dan swasta. (hdr).

News Feed